PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA

Penulis

  • Nency Agustina Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Risnina Wafiqoh Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Rajab Vebrian Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i1.7109

Abstrak

Penelitian ini bertujuanavuntuk menghasilkan LKPD berbasis etnomatematika yang valid dan praktis, serta mengetahui potensinya dalam melatih kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi SPLTV. Menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian melibatkan 55 siswa kelas X dari SMA Swasta di Kecamatan Toboali. Data dikumpulkan melalui tes, angket, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif (wawancara) dan deskriptif kuantitatif (persentase skor dan uji N-Gain). Temuan penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika memenuhi kriteria validitas dari ahli materi (94,31%), desain (95,83%), dan bahasa (77,27%) serta kriteria kepraktisan dari uji coba one-to-one (89,10%), small group trials (76,60%), dan field trials (87,84%). Penelitian ini menghasilkan LKPD yang mengintegrasikan unsur-unsur budaya, yaitu monumen nasional, candi borobudur, dan kerajinan khas dayak ke dalam soal SPLTV dengan langkah penyelesaian yang disesuaikan untuk melatih kemampuaniberpikir kritisimatematis siswa. LKPD berbasis etnomatematika berpotensi dalam melatih kemampuan berpikir-kritis matematis ditunjukkan melalui nilai N-Gain keseluruhan sebesar 0,48 (kategori sedang), dengan distribusi kategori rendah (14,29%), sedang %), sedang (76,19%), dan tinggi (9,52%).

Kata Kunci: LKPD, etnomatematika, berpikir kritis, SPLTV.

Referensi

Agustine, P. C., & Apriani, F. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Challenge Based Learning pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 196–205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3216

Ainiyah, N., & Loviana, S. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Transformasi. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 243–256.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. (2013). Jakarta: Permendiknas

Benyamin, Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922.

Bernando, S., Novaliyosi, & Rafianti, I. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman pada Soal Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X. WILANGAN : Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 84–92. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Dewi, K. S., Hadi, M., & Wildaniati, Y. (2022). Pengembangan LKPD Geometri Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Kemampuan Berbasis Kritis. Linear: Journal of Mathematics Education, 3(1), 28–41.

Kurniasi, E. R., Vebrian, R., & Arsisari, A. (2022). Development of Student Worksheets Based Computational Thinking for Derivatives of Algebra Function. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(1), 212–222. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.6022

Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir Kritis Siswa dalam Materi Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 1135–1145.

Natassya, H. D., Utami, R. E., & Kusumaningsih, W. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe Open Ended Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Materi SPLTV. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 47–53.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Pamungkas, Z. S., Aminah, N. S., & Nurosyid, F. (2018). Analysis Of Students Critical Thinking Ability In Solving Scientific Literacy Based On Metacognition Ability. EDUSAINS, 10(2), 254–264. https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7932

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum (2013). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Purnaningsih, I., & Zulkarnaen, R. (2022). Identifikasi Faktor Penyebab Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Siswa Kelas VIII. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 291–302. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7185

Rianificillia, N. P., & Ratri, A. (2023). Pemanfaatan LKPD IPA untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas 4 SDN 1 Pucung Kidul. EduCurio: Education Curiosity, 1(3), 906–910.

Silvia, T., & Mulyani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Hipotenusa, 1(2), 38–45.

Simanullang, A. S., Ningsih, Y. L., & Sari, E. F. P. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22–31. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1131

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 8(1), 65–72.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Vebrian, R., Darmawijoyo, & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Kerajaan Sriwijaya di SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 96–105.

Wafiqoh, R., Darmawijoyo, & Hartono, Y. (2016). LKS Berbasis Model Eliciting Activities untuk Mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII. Jurnal Elemen, 2(1), 39–55.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. Hal. 113-118. Yogyakarta: Univeritas Negeri Yogyakarta

Zananti, S., Wafiqoh, R., & Vebrian, R. (2023). The Development of Mathematical Problems in the Context of the Bangka Belitung Traditional House to Train Students’ Mathematical Communication Skills. Rangkiang Mathematics Journal, 2(1), 1–8.

Diterbitkan

2024-11-25

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 64 times