PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS DIFERENSIASI PROSES PADA MATERI LINGKARAN

Penulis

  • Dede Bungsu Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Indonesia
  • Nenden Suciyati Sartika Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-7740-8045
  • Deni Pratidiana Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6612

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan bahan ajar digital dengan  memakai software Flip PDF Professional. Pengembangan produk ini dikembangkan pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Pandeglang dengan mengetahui kelayakan bahan ajar digital menggunakan Flip PDF Professional pada proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model 4D yang memiliki empat tahap yaitu define, design, develop, dan  disseminate. Penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan  teknik analisis statistik karakteristik. Uji validasi terhadap professional ahli yaitu ahli materi, media, bahasa dan uji respon guru mata pelajaran tujuannya adalah untuk membuat dan menyempurnakan sumber daya digital memanfaatkan Flip PDF Professional kepada peserta didik selain itu kuesioner peserta didik dibagikan untuk menilai efektivitas penggunaan Flip PDF Professional untuk pembelajaran. Hasil uji pemeriksaan ahli media masuk dalam persentase 97,5% termasuk ukur sangat valid, ahli bahasa dengan hasil 79,16% pada kriteria valid dan hasil respon guru mata pelajaran menunjukkan hasil persentase 99,26% yaitu sangat valid. Hasil kuesioner angket tanggapan peserta didik grup kecil memperoleh reaksi 73,21% dan respon peserta didik pada grup besar adalah 82,59% masuk ke dalam kriteria sangat baik yaitu respon peserta didik sangat antusias dan tertarik dengan bahan ajar digital yang dikembangkan, maka dengan hasil rekaptulasi dengan para ahli dan respon guru mata pelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar digital sangat layak untuk dijadikan bahan ajar digital dan dapat disebar luaskan untuk proses pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: bahan ajar digital, Flip PDF Professional,  lingkaran

Referensi

Amelia, & Zainil, M. (2023). Pengembangan Modul Digital Berbasis Aplikasi Flip PDF Professional Materi Pengukuran Panjang dan Berat di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 6(1).

Arikunto, S. (2017). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. 1–15.

Azizah, N., Fitri, D. Y., & Lovia, L. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education ( RME ) Berbantuan Flip Pdf Professional pada Materi Barisan dan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 11087–11096.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Himmah, E. F. (2019). Pengembangan E - Modul Menggunakan Flip Pdf Professional pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi pada: UIN Raden Intan Lampung.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (p. 112). Kemendikbudristek.

Nafisah, S., & Rasyid, H. (2023). Analisis Peralihan Kurikulum K 13 Ke Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ips Di Mts. Nur Ilahi. JIPSOS : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 12.

Pohan, P. Y. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Matematika Realistik Di Kelas VIII SMP Swasta Palapa Telagah. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Alam (JURRIMIPA), 2(3), 120–134.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Handayani, V. D. (2021). Desain Didaktis Konteks Fabel Berbasis Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Aljabar. Jurnal Elemen, 7(1), 68–83. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2730

Rifa’i, R., & Sartika, N. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Analisa, 4(1), 198–205. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1960

Sari, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Media Sosial Instagram Pada Materi Lingkaran Di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 120–127. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/32940

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Syarifah, Z. A., & Yanuarto, W. N. (2023). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (Tpack). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2722

Tomlinson, C. A. (2017). The Rationale for Differentiating Instruction in Academically Diverse Classrooms. DIFFERENTIATE INSTRUCTION : In Academically Diverse Classooms, 12–18.

Widiastutik, T. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Kelas Xii Dengan Flip Pdf Profesional Sebagai Alternatif Pembelajaraan Di Tengah Pandemi Covid 19. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 35–41. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.211

Widodo, C. A., Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar DIgital Matematika SMA Kelas X Berbasis STEM. WIDYADARI Jurnal Pendidikan, 22(2), 478–486. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550400

Yolanda, V. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Matriks. In UIN Suska Riau (Issue 8.5.2017). UIN Suska Riau.

Diterbitkan

2024-07-29

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 110 times