RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6555Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanggapan peserta didik terhadap LKPD yang berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada topik bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengevaluasi kepraktisan LKPD berbasis etnomatematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sedayu dengan sampel penelitian ini adalah 16 peserta didik kelas VIID dan 32 peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 1 Sedayu. Instrumen yang digunakan yaitu LKPD berbasis Etnomatematika dan lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model Miles & Huberman. Berdasarkan hasil analisis kepraktisan, LKPD berbasis Etnomatematika dikatakan praktis ketika rata-rata dari skor penilaian memenuhi kriteria dengan minimal praktis. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Etnomatematika yang memuat indikator kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang pada uji coba skala kecil menunjukkan kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata 75,18, kemudian pada uji coba skala besar dikatakan sangat praktis berdasarkan rata-rata 74,25. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Etnomatematika untuk materi bangun ruang efektif dalam konteks pembelajaran matematika.
Kata Kunci: LKPD, etnomatematika
Referensi
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan dan skala terhadap siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347-358.
Ajmain, A., Herna, H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45-54.
Amna, M., Wirasasmita, R. H., & Fathoni, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Sistem Operasi di Universitas Hamzanwadi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 1-7.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021, July). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. In SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1), 491-500.
Ardiyanti, B., Choirudin, C., & Ningsih, E. F. (2024). Etnomatematika Bangunan Pionering Pramuka terhadap Minat dan Kreativitas Peserta didik. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 156-161.
Bayazid Bustami, A. (2023). Etnomatematika: analisis penggunaan konsep bangun datar dan bangun ruang pada objek" Tangkak Gula". Disertasi. UIN Mataram.
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12.
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120-135.
Hamidah, H., Kusuma, J. W., & Auliana, S. (2023). Pelatihan Konsep Matematika Kekongruenan dan Kesebangunan Menggunakan Pendekatan Etnobra Di Smpn 3 Cikande. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 177-181.
Harahap, L., & Mujib, A. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada motif batik Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 3(2) 61-72.
Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurmadikta, 2(1), 23-30.
Laksana, D. N. L., Awe, E. Y., Sugiani, K. A., Ita, E., Rawa, N. R., & Noge, M. D. (2021). Desain Pembelajaran Berbasis Budaya. Pekalongan: NEM.
Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98-109.
Murni, D., Mudjiran, M., & Mirna, M. (2023). Analisis Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1118-1128.
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah pendidikan dasar, 4(1) 34-39.
Saryantono, B., & Ivana, M. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Dengan Motif Tapis Lampung Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VII SMP. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 141-155.
Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan Pengintegrasiannya Ke Dalam Pembelajaran Matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1-10.
Silvia, T., & Mulyani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Hipotenusa, 1(2), 38-45.
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik budaya jambi menggunakan model Discovery Learning berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249-1264.
Suryadi, S., & Jasiah, J. (2023). Transformasi pendidikan dasar melalui kearifan lokal: Pendekatan kualitatif terhadap pengembangan kurikulum. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 11(2), 163-170.