PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMP

Penulis

  • Nur Ain Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nurul Hilda Syani Putri Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Indonesia
  • Mariyanti Elvi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6552

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis konteks kemaritiman untuk membantu pembelajaran penyajian data bagi siswa kelas VII SMP. Media tersebut dikembangkan melalui platform Scratch dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mempunyai validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang tinggi. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, persentase materi dan media masing-masing mencapai 87,27% dan 83,84% (kategori sangat efektif). Persentase kepraktisan media dari sudut pandang guru dan siswa masing-masing mencapai 100% dan 87% (kategori sangat praktis). Uji efektivitas media dengan menggunakan tingkat ketuntasan dan N-Gain. Tingkat ketuntasan siswa mencapai 90% dan nilai N-Gain sebesar 0,64 menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa media efektif sebagai penunjang proses pembelajaran.

Kata Kunci: konteks kemaritiman, media pembelajaran interaktif, penyajian data, scratch

Referensi

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Muta’aliyah STAI Darul Kawal NW Kembang Kerang, 1(3), 80–88.

Aprilia, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika MTs Kelas VIII. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 63–71. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.276.

Asril, R. (2022). Penerapan Media Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 326–332. https://doi.org/10.59098/mega.v3i1.495.

Aulia, S., Zetriuslita, Z., Amelia, S., & Qudsi, R. (2021). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Aplikasi Scratch pada Materi Trigonometri. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 205–214. https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.13128.

Azeva, B. R. (2022). pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbantuan ispring suite dan powtoon dengan konteks kemaritiman pada materi teorema pythagoras kelas viii smp. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Elvionita, D., Fatimatuzzahroh, F. S., & Sutriyani, W. (2022). Peran Model Cooperative Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data Diagram Kelas V SDN 03 Menganti. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(3), 263–268. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i3.772.

Erwin, H., Awang, I. S., & Anyan. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi. Edu-Kata, 5(1), 71–78. https://doi.org/10.52166/kata.v4i1.1008.

Febrianti, A. P., Sesanti, N. R., & Gutama, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PGSD, 5, 588–597.

Fitriani, A., Kartini, A., Maulani, M., & Prihatini. (2022). Peran guru dan strategi pembelajaran dalam memenuhi kompetensi siswa abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16491–16498. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5056

Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon pada Materi SPLDV. 3(2), 44–51.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Buku Ilmu Pendidikan. Medan: LPPPI.

Lalisu, K. S., Novian, D., Takdir, R., & Dangkua, E. V. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X TJKT Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Inverted: Journal of Information Technology Education, 4(2), 21–36. https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.19255

Marlina, S., & Herlina, N. (2021). Upaya Peningkatan Pendidikan, Keahlian Dan Profesionalisme Sumber Daya Manusia Pelayaran Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(2), 107–116. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i2.692.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209.

Maulidta, H., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Iii Sd. JPGSD, 6(5), 681–692.

Nisa, A. I., Abdullah, R., & Wardani, R. K. (2022). Studi Literatur: Penggunaan Media Scratch Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika, 4(1), 257–264.

Paramis Wari, C., Syntia Monica, D., & Fitri Ramadani, W. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP 01 Bengkulu Tengah Kelas VII Melalui Diagnostik Pada Penyajian Data. Jurnal Pendidikan Tematik, 1, 123–129.

Permadi, U. N., & Huda, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar SMK. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(4), 30-39.

Pratama, R. A., & Waskitoningtyas, R. S. (2020). Game Android “MENALAR” Berbasis Adobe Animation CC. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 617. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3027

Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Materi Satuan Panjang dalam Pembelajaran Menggunakan Media Scratch. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 891–898. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.891-898.

Rahmania, M. D., Fatah, A., & Anrian, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 653–665.

Raja & Nagasubramani. (2018). Impact of Modern Technology. HF Communications, 3(1), S33–S35. https://doi.org/10.1201/b12574-14.

Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733–2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759.

Sinaga, A. V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. Journal on Education, 06(01), 2836–2846.

Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul P embelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4 (2)(September), 58–61.

Sudihartinih, E., Wilujeng, S., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Faktor Persekutuan Terbesar (Fpb) Berbasis Aplikasi Scratch. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(4), 456–466. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i4.pp456-466

Supriadi, G. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Tondeur, J., Scherer, R., Baran, E., Siddiq, F., Valtonen, T., & Sointu, E. (2019). Teacher educators as gatekeepers: Preparing the next generation of teachers for technology integration in education. British Journal of Educational Technology, 50(3), 1189–1209. https://doi.org/10.1111/bjet.12748.

Wahyuni, N. P. C. O., & Agustika, G. N. S. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa Kelas VI SD. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 116–132. https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50950.

Wahyuningrum, S. R., & Wardi, M. C. (2020). Statistika Pendidikan (Konsep Data & Peluang). Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Zaharah, N., Marzal, J., & Effendi-Hsb, M. H. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2768-2782.

Zakiyah, H., Purnomo, D., & Sugiyanti, S. (2019). Pengembangan E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 287–293. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4855.

Diterbitkan

2024-07-23

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 56 times