PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EMIEDU (EMI EDUCATION) PADA SISWA KELAS V SD KRISTEN SUKOHARJO

Penulis

  • Budhi Tri Atmojo Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya, Wonogiri, Indonesia
  • Widia Darma Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya, Wonogiri, Indonesia
  • Novianti Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya, Wonogiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6517

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi, guna membantu siswa SD kelas V untuk lebih bersemangat dalam belajar dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran Matematika. Merupakan penelitian R&D (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Uji coba produk dilaksanakan pada  dua tahap yaitu uji coba skala kecil dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 10 siswa kelas V SD Kanisius Baturetno dan uji coba skala besar dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 25 siswa kelas V SD Kristen Sukoharjo. Validitas media pembelajaran didapat dari ahli media dan ahli materi dengan hasil valid. Efektivitas produk dikatakan cukup efektif  dengan dilakukannya pretest dan posttest dari hasil belajara siswa, uji coba skala kecil menunjukan hasil 74% dan uji coba skala besar menunjukan hasil 75% yang termasuk kategori cukup efektif. Dari hasil penelitian ini, produk dinilai cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: matematika, media pembelajaran, EmiEDU

Referensi

Adiani, N. P., & Kristiantari, M. G. R. (2020). The Positive Impact of Auditory Intellectually Repetition Learning Model Assisted by Domino Card on Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 4(3), 270–280. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.25488

Allen, M. W. (2016). Michael Allen’s Guide to e-Learning (2nd ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Almukarramah, Sarson, & Rahmi, E. (2023). Penggunaan Smart App Creator (SAC) Sebagai Perangkat Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Inovatif. RADIAL, 11(2), 419–427. https://doi.org/10.37971/radial.v11i2.420

Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987

Azwar, S. (2017). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Belajar. https://pustakapelajar.co.id/buku/reliabilitas-dan-validitas/

Darma, W. (2018). Pengaruh Beban Kerja Dan Burnout (Kejenuhan Kerja) Terhadap Intensi Turnover Guru Sekolah Menengah Pertama Di Sekolah Bercirikan Agama Buddha di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 131–140. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmp/article/view/10801/6782

Firmansyah, F. (2019). Budaya Kerja Ikm Batik: Inovatif & Kreatif. Duta Media Publishing. http://repository.iainmadura.ac.id/725/1/buku bUDAYA kERJA ikm bATIK 2018.pdf

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas (1st ed.). Health Books Publishing.

Muhaimin, M. R., & Zumrotun, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator pada Materi Satuan Ukuran Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1935–1950. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5753

Muzakkir, M. A., Pomalato, S. W. D., & Katili, M. R. (2022). Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone untuk Pembelajaran Matematika dengan Tatap Muka Terbatas. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 81–92. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15605

Panggalih, R. H., & Handayani, D. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Manusia Berbantukan Aplikasi SAC Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah, 30(1), 176–190. https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2693

Rahma, I. R. (2019). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak sekolah dasar). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3608/2659

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Setiyani, S., Sumarwati, S., Sagita, L., & Fadhlurrohman, D. (2021). The incredible boong gi: Educational game RPG for mathematical understanding ability. International Journal of Education and Learning, 3(2), 76–93. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i2.217

Suan, L., Ying, Z., & Wijaya, T. T. (2020). Using Hawgent dynamic mathematics software in teaching arithmetic operation. International Journal of Education and Learning, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.13099

Subagyo, L. A. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator Pada Materi Keragaman Agama Di Indonesia [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/36069

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development (Edisi 2). Bandung: Alfabeta.

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya.

Sunedi, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Digital Smart Apps Creator Untuk Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1020–1026. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i3.716

Suparno. (2017). Inovasi Pembelajaran: Teori dan Praktik (1st ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tristanti, L. B., & Iffah, J. D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1716–1728. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5103

Diterbitkan

2024-07-23

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 98 times