LITERASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PMRI KONTEKS MONPERA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.5856Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan literasi matematika siswa dalam konteks materi perbandingan trigonometri dengan menerapkan PMRI (Pendidikan Matematika Realistis Indonesia) dan menggunakan Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) sebagai konteksnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa kelas XI di SMA Negeri 22 Palembang. Proses penelitian terstruktur dalam tiga tahap, mencakup persiapan, pelaksanaan, dan analisis data hasil penelitian,dengan penggunaan indikator sebagai alat ukur untuk mengevaluasi kemampuan literasi matematika siswa,yang pertama adalah dalam menggambarkan situasi dunia nyata dengan menggunakan bahasa matematika, kemudian menerapkan konsep matematika untuk memecahkan masalah, dan akhirnya menilai kecocokan dan relevansi hasil matematika yang ditemukan dalam konteks tersebut. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi lebih terampil dalam literasi matematika, terutama dalam menggambarkan situasi dunia nyata, menerapkan konsep matematika, dan menilai hasil matematika dibandingkan siswa dengan kemampuan sedang atau rendah.
Kata Kunci: Konteks MONPERA,literasi, perbandingan trigonometri
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyanovianty, A. D. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448.
Fazzilah, E., Effendi, K., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034-1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306
Khotimah, K. Y. (2016). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri. . In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, (Vol. 1, pp. 46-52).
Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: Analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.
Nurkamilah, M. F. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 70-79.
Purwasih, R., Sari, N. R, & Agustina, S. (2018). Analisis kemampuan literasi matematik dan mathematical habits Of mind siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Numeracy, 5(1), 67-76. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.318
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK pada Mateti Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177. doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87
Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (Pisa). JIPMat, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237
Shafriaty, K. (2019). Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banda. Journal on Pedagogical Mathematics. 1(2), 72-85.
Umbara, U. (2015). Implementasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. JUMLAHKU:Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(1)
Utami, N., Sukestiyarno, Y., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626-633. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37679