PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i1.5229Abstrak
Keterampilan siswa memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika masih rendah terutama pada pembelajaran di sekolah menengah atas. Sehingga, pembelajaran matematika harus difokuskan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan kepercayaan diri. Pengaruh gaya belajar dan kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dipelajari dalam penelitian ini. Jenis Penelitian ex-postacto ini bersifat korelasional dan menggunakan metode analisis jalur. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kota Bengkulu, yang berjumlah 251 orang. Metode sampel acak sederhana digunakan untuk memilihkan sampel dari populasi, yang terdiri dari 108 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa dan gaya belajar mereka memengaruhi kemampuan mereka untuk memecahkan masalah matematika.
Kata Kunci: Gaya belajar siswa, kepercayaan diri, pemecahan masalah
Referensi
Amir, A., & Si, M. (2023). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.17064
Annikmah, I., Priyo Darminto, B., & Budi Darmono, P. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 106–113. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2578
Kasriani. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Pembelajaran (Stad Dan Tai) Berbasis Praktikum Pada Kelas Xi Ipa Dengan Memperhatikan Emotional Quotient (Eq) Siswa Ma As’adiyah Putri Pusat Sengkang. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Mawali, H. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Siswa Dan Tujuan Pembelajaran Di Mts Al-Hidayah Cibodas Kabupaten Cilacap.
MZ, Z. A., Rendani, F., Nainggolan, M. S., & Jannah, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Dalam Mereduksi Kecemasan Matematis Siswa (Math Anxiety). Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 23–27. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.17
Novalia, Y., & Panjaitan, D. J. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika pada pembelajaran berbasis masalah. Maju, 8(2), 493–501.
Nurharyatun, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. 1–70.
Puja Lestari, G., Hayati, L., Kurniawan, E., & Amrullah. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 748–756. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.218
Rahmawati, R. R., Wibowo, B. Y., & Lestari, D. J. (2018). Menari Sebagai Media Dance Movement Therapy (DMT). Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1), 31–46. https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4065
Sembiring, R., & Situmorang, J. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Rosmaini Sembiring 1 dan Julaga Situmorang 2. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 127–140.
Susanta, A., Susanto, E., & Maizora, S. (2021). The Level of Junior High School Students’ Thinking in Solving TIMSS Mathematical Problem in Bengkulu. Proceedings of the International Conference of Mathematics and Mathematics Education (I-CMME 2021), 597, 9–13. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.002
Susanto, E., & Susanta, A. (2020). PEMBELAJARAN STATISTIKA DASAR MELALUI PROBLEM BASED-LEARNING INCREASE STUDENTS ’ CONFIDENCE IN LEARNING BASIC STATISTICS WITH PROBLEM BASED-LEARNING mahasiswa Program Studi Pendidikan. 4(2), 179–184.
Sutianah, C. (2021). Peningkatan Kompetensi Kerja berbasis Integrasi Soft Skills, Hard Skills dan Entrepreneur Skills Program Keahlian Kuliner melalui Penerapan Teaching Factory SMK. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(8), 152–167. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/596
Wasiran, Y. (2017). Pengaruh Corrective Feedback terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Setelah Mengontrol Kemampuan Awal Matematika. Wahana Didaktika, 15(1), 137–155.
Yulfitri, Haji, S., & Nirwana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 76–85.
Yustiara, R. I., Siagian, T. A., & Susanto, E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 4 Kaur pada Materi Perbandingan Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 313–326. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10420