PENERAPAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 16 BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.1981Abstrak
Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII G SMP Negeri 16 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2019/2020.  Pengumpulan data  dilakukan dengan  menggunakan lembar observasi aktivitas self checklist dan tes hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar  dapat  dilihat  dari rata-rata skor   pada  lembar  observasi  self checklist aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 20,5 (kreteria cukup); 25 (kreteria baik); 30,5 (kreteria baik). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara mengingatkan pada materi melalui masalah kontekstual, mengkaitkan manfaat belajar materi melalui masalah kontekstual, memberikan soal latihan, memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar dan latihan siswa siklus I sampai siklus III yaitu 59,24; 70,41; 80,76 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 36%; 56%; 80%.
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME).
Â
Abstract
This study aims to improve the activities and student learning outcomes in Mathematics learning by applying the Realistics Mathematics Education approach. This type of research is Classroom Action Research. The research subjects were class VIII G SMP Negeri 16 Kota Bengkulu even semester academic year 2019/2020 Data collection was carried out using observation sheets for self checklist activities and student learning outcomes tests. Increased learning activities can be seen from the average score on the observation sheet of the self checklist of learning activities of students in cycle I to cycle III in a row: 20.5 (sufficient criteria); 25 (good criteria); 30.5 (good criteria).  Student  learning outcomes  can  be  improved  by reminding the  material  through  contextual problems,  linking the  benefits  of  learning material  through  contextual  problems,  providing practice questions, providing guidance to students who are experiencing difficulties. Improvement of student learning outcomes can be seen from the average test scores of learning and training results of students cycle I to cycle III, namely 59.24; 70,41; 80,76 with the percentage of classical learning completeness from cycle I to cycle III which is 36%; 56%; 80%.
Keywords: Learning Activity, Learning outcomes, Realistics Mathematics Education (RME).
Referensi
Aqib, Z. & Diniati, E & Jaiyaroh, S. & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Arikonto, S., Suhardjono., & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: Rajawali Pers
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, R. (2013). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu