MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KUADRAT MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI KELAS IX.2 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
DOI:
https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1355Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  pada  mata  pelajaran matematika dengan menggunakan Aplikasi Google Classroom pada siswa kelas IX.2 SMP Negeri Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik  pengumpulan data  menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 42,9% atau 12 siswa, meningkat 21,4% pada siklus I menjadi 64,3% atau 18 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak  17% menjadi 82,1% atau 23 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dikelas.
Kata Kunci: matematika, hasil belajar, google classroom
Referensi
Anurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Diemas, P.P & Harimurti, R. (2017). “Pengaruh Penerapan Tools Google Clasroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Jurnal IT-Edu 2(1), 59-67.
Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510
Hardiyana, A. (2015). Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon : SMA Negeri 1 Losari.
Izenstark, A., & Leahy, K.L. (2015). “Google Classroom for Librarians : Features and Opportunities.†Library Hi Tech News 32 (9):1-3. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039.
Kayatun, S. (2014). “Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4).
Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365-379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164
Rozak,A & Albantani,AM. (2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom . Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5(1), 83-102.