PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI PADA MATERI GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i2.7730Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mengukur kemampuan representasi pada materi geometri, yang valid dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dibatasi hingga tahap implementasi, subjek penelitian yang terdiri dari 5 siswa kelas VIII di SMP. Instrumen yang digunakan meliputi lembar kepraktisan untuk guru dan siswa, lembar validitas dari ahli media dan materi, serta tes efektivitas. Skala likert digunakan untuk mengumpulkan hasil uji kepraktisan dan validitas, sementara analisis N-gain digunakan untuk menilai efektivitas. Hasil menunjukan skor validitas 85% dari ahli media dan 75% dari ahli materi, serta skor praktis 100% dari guru dan 80,5% dari siswa yang mengindikasikan LKPD ini valid dan praktis. LKPD ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan representasi siswa dengan menyediakan berbagai jenis tugas yang mendorong penggambaran hubungan antara konsep matematika, seperti teorema pythagoras, dan menyajikan masalah nyata. Pengaruh penelitian ini terhadap pembelajaran matematika adalah peningkatan pemahaman siswa tentang konsep teorema pythagoras dan meningkatkan kemampuan representasi mereka dalam penguasaan materi matematika.
Kata Kunci: kemampuan representasi, LKPD, teorema pyhagoras
References
Annafi, N. (2016). Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Di MAN 1 Kota Bima. Journal of EST, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2097
Arifanti, D. R., Thalhah, S. Z., Mafidapuspadina, M., & Muzaini, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2710–2725. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4258
Aryani, E., Siregar, E., Widyastuti, & Bharata, H. (2021). Pengaruh Penggunaan LKPD dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Live Worksheet dan Google Classroom Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. SINAPMASAGI, 1(1), 69–78.
Ayuni, Q., Noer, S. H., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 694–704. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2747
Dahlan, M., Setianingsih, R., & Sugianto, A. (2024). LKPD CRT Bangun Ruang Sisi Datar: Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3984–4000.
Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan LKPD Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas Xi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1093–1104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104
Hardiyantari, O. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknik Dinamis Pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan Untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 77–83.
Herlina Siagian, P., Wiliam Iskandar, J., Estate, M., Deli Serdang, K., Medan, K., & Sumatera Utara, P. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemampuan Berpikir Aras Tinggi Pada Teks Berita Kelas VIII. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 246–256.
Hidayanti, N., Effendi, A., & Meta, A. (2022). Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Prosiding Galuh Mathematics National Conference, 2(1), 9–12.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. InfinityJ Urnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p85-99
Kristiani, F., Maizora, S., & Susanta, A. (2021). Efektifitas LKPD dengan Model Discovery Learning Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras Efektivitas LKPD Dengan Model Discovery Learning Peserta Didik Kelas Viii Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 170–178. https://doi.org/10.33369/jp2ms.v.ii.170-178
Mardiani, M., Sugiatno, S., Fitriawan, D., Halini, H., & T, A. Y. (2024). Kemampuan representasi matematis siswa dalam materi teorema pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(5), 875–890. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i5.23524
Ma’wa, K., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Ekoliterasi Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Ekoliterasi Pada Materi Permasalahan Lingkungan Kelas V Sekolah Dasar Ganes Gunansyah. JPGSD, 12(4), 581–594.
Misselya Nora, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Maya (Macam-Macam Gaya) Berbasis E-Card Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JPGSD, 11(2), 403–413.
Ningrum, M. P., & Hw, S. (2022). Analisis Kemampuan Representatif Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2151–2159. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5183
Nurhikmayati, I. (2016). Pembelajaran Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(1), 21–34.
Ragilena, R. N., Wijayanti, A., & Reffane, F. (2022). Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Sains, Teknologi, Teknik, Seni, Dan Matematika (Steam) Pada Pembelajaran Matematika. Citra Pendidikan, 2(3), 522–527.
Rosa, S. S., & Napitupulu, E. (2023). Metasintesis Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. HUMANTECH : JURNAL ILMIAH MULTIDISPLIN INDONESIA, 2(4), 790–796.
Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 01(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49
Safitri, E., Hartoyo, A., & Bistari. (2015). Kemampuan Representasi Matematis Luas dan Keliling Lingkaran Berdasarkan Teori Bruner di SMPN 9 Pontianak. JPPK:(Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(4), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i4.9734
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mos Harafa Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.655
Wandari, A., Kamid, & Maison. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), p-ISSN.
Wulandari, S. D. (2019). Profil Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Media Screencast O Matic. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 83–87. https://doi.org/10.32665/james.v2i2.98
Yuniawatika. (2013). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Strategi REACT (Studi Kuasi Eksperimen Di Kelas V Sekolah Dasar Kota Cimahi). EduHumaniora, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2830