ANALISIS PROSES KONSTRUKSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i2.7714Abstract
Setiap siswa memiliki cara belajar yang unik sesuai dengan karakter dan kemampuannya. Dalam menyusun pengetahuan, terdapat dua gaya kognitif yang berperan penting, yaitu gaya kognitif tergantung lapangan (field dependent) dan gaya kognitif mandiri lapangan (field independent). Gaya kognitif mandiri lapangan bersifat analitis dan kurang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses konstruksi pengetahuan siswa dalam gaya kognitif mandiri lapangan dalam memahami materi logaritma pada mata pelajaran matematika di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dan 2 subjek yang diambil adalah 32 siswa dari kelas yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Hasil uji menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif mandiri lapangan memiliki konstruksi pengetahuan yang cenderung berpikir fokus, dapat mengidentifikasi apa yang mereka amati, mudah menganalisis informasi dalam bentuk teks atau video, memiliki konstruksi pengetahuan konseptual dan prosedural yang baik, serta memiliki pengetahuan metakognitif yang baik. Mereka cenderung memiliki keterampilan strategi, manajemen waktu, dan refleksi diri yang baik.
Kata Kunci: gaya kongnitif, Field Independent, kontruksi pengetahuan
References
Aldarmono, A. (2012). Identifikasi gaya kognitif (cognitive style) peserta didik dalam belajar. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 63–69.
Badjeber, R., & Mailili, W. H. (2018). Analisis pengetahuan prosedural siswa kelas SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2).
Darman, R. A. (2020). Belajar dan pembelajaran. Guepedia.
Fauziyah, N., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2022). Cognition Processes of ASD Students: Recommendations for Mathematics Teaching and Learning Process. International Journal of Instruction, 15(3), 805–830. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15344a
Fauziyah, N., Lant, C. Le, Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2019). Cognition processes of students with high functioning autism spectrum disorder in solving mathematical problems. International Journal of Instruction, 12(1), 457–478. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12130a
Glaser, B. G., & Strauss, A. L. (1967). The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. New York: Aldine de Gruyter.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Hasan, B. (2020). Proses Kognitif Siswa Field Independent Dan Field Dependent Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 323–332. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4
Iis Handayani, K. (2021). Pemahaman Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat dan Fungsi Rasional Berdasarkan Teori APOS ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependence dan Field Independence. (Doctoral Dissertation, Pascasarjana Pendidikan Matematika), 05(02), 1650–1660.
Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2019). Kerangka landasan untuk pembelajaran pengajaran dan asesmen.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Piaget, J. (1972). The Principles of Genetic Epistemology. London: Routledge & Kegan Paul.
Septantiningtyas, N., & Subaida, S. (2023). Gaya Kognitif Field Independent Sebagai Ikhtiyar Kontrol Fokus Siswa dalam Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 48–56. https://doi.org/48–56. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.378
Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed.). Boston: Pearson Education.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Stit, S., Nusantara, P., & Ntb, L. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Islamika, 1(2).
Sumarsono, P., Inganah, S., Iswatiningsih, D., & Husamah. (2020). Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial. UMMPress., 1.
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/55466/1/PSIKOLOGI PENDIDIKAN.pdf
Susandi, A. D., & Widyawati, S. (2017). Proses berpikir dalam memecahkan masalah logika matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 45–52.
Sutyani, T., Aminah, N., Ferdianto, F., & Citra, Y. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Konseptual Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) Siswa SMA. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 311–322.
Uno, H. B. (2016). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Widodo, A. (2005). Taksonomi Bloom. Didaktis, 4(2), 61–69.
Witkin, H. A. (1971). A Manual for the Embedded Figures Tests. Consulting Psychologists Press.