PEMBELAJARAN IN ACTION : APAKAH EFEKTIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA?
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i2.7526Abstract
Salah satu kompetensi yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk melihat keterkaitan antar konsep dalam matematika sehingga perlu dikuasai siswa agar dapat memahami matematika secara utuh dan menerapkannya dalam berbagai konteks. Pembelajaran in action, menawarkan sebuah desain pembelajaran yang menekankan partisipasi aktif siswa dalam eksplorasi dan resolusi masalah, dihipotesiskan memiliki potensi signifikan dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan koneksi matematis siswa. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan tersebut terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Desain penelitian yang diadopsi adalah OneGroup Pretest Posttest Design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kompetensi koneksi matematis yang disusun dalam format uraian dan diberikan sebelum dan setelah pembelajaran in action. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran in action yang dirancang dengan baik, yang melibatkan siswa secara aktif dalam menghubungkan konsep matematika dengan berbagai representasi, mengaplikasikannya dalam konteks nyata, dan merefleksikan pemahaman mereka, dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
Kata Kunci: koneksi matematis, pembelajaran in action
References
A Dudung, M. O. (2020). Mathematical connection ability: An analysis based on test forms. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6), 4694-4701 Retrieved from. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/19384
ALi, S. S. (2019). Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English Language Teaching; Vol. 12, No. 5; 2019 ISSN 1916-4742 E-ISSN 1916-4750. Canadian Center of Science and Education.
Apryani, D., & Hadiwinarto, H. (2021). Improving mathematical connection ability through the approach of scientific and reciprocal teaching. International Journal of Progressive Sciences and Technologies.
Aspuri. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita : Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. JIPM (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika), 7(2). doi: http://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3651
Ayunani, D. S., Mardiyana, & Indriati, D. (2020). Analyzing mathematical connection skill in solving a contextual problem. Journal of Physics: Conference Series. DOI 10.1088/1742-6596/1511/1/012095
Dhani, M. I., Aziz, T. A., & Hakim, L. El. (2022). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan MIPA, VOL 12 NO.
Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). emampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kecemasan Belajar pada Siswa SMP pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.p%25p
Izzatin, M., & Nurmala R. (2018). Learning Based on Inquiry to Train Higher Order Thinking Skills (Hots) Mathematical Education Students in Numerik. Edukasia : Jurnal Pendidikan, 5(2). http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/edukasia/article/view/1007
Jaelani, & Hidayati. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Majalaya pada Materi Pola Bilangan. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2021).
Kenedi, Kiswanto, A., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–80. doi: https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80
Kurniawan, & Kartono. (2018). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Melalui Model PBL Berbasis Konstruktivistik Materi SPLDV Kelas X. Jurnal Nasional Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20378
Maryanasari, R., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Model- Elicitng Activities. Jurnal on Education, 1(2), 54–60. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.22
Mumu, J. M., & Bada, S. O. (2022). Effects of problem-based learning on senior secondary school students’ achievement in mathematics and attitude towards its learning in Pankshin Local Government Area, Plateau State, Nigeria. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 6(1), 142-152.
NCTM. (2000). Principals and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurhajati. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Cabri 3D terhadap Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan Vol. 1 No. 1, 2014, Artikel 5.
Prihandhika. (2017). Perbedaan kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran react dengan model pembelajaran learning cycle 5e siswa SMKN 39 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.251
Rafiepour, & Faramarzpour, N. (2023). Investigation of the mathematical connection’s ability of 9th grade students. Journal on Mathematics Education, 14(2), 339–352. https://doi.org/10.22342/jme.v14i2.pp339-352
Rellensmann, & Leopold, C. (2017). Make a drawing. Effects of strategic knowledge, drawing accuracy, and type of drawing on students’ mathematical modelling performance. Educational Studies in Mathematics. New York: Springer. https://link.springer.com/article/10.1007/s10649-016-9736-1
Samo, G. (2021). Intervention effects in clefts: a study in quantitative computational syntax. Glossa: A Journal of General Linguistics Is a Peer-Reviewed Open Access Journal Published by the Open Library OfHumanities. https://doi.org/10.16995/glossa.5742
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(2).
Siregar, N. D., & Surya., E. (2017). Analysis of Students’Junior High School Mathematical Connection Ability. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR).
Zuyyina, H., Wijaya, T. T., & Senjawati, E. (2018). Kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi lingkaran. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 79-90.