PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA MATERI MENGGURUTKAN BILANGAN UNTUK SISWA KELAS I SD

Authors

  • Hengkang Bara Saputro Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Amanda Akila Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i2.7397

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kualitas multimedia interaktif berbasis canva  pada materi menggurutkan bilangan untuk siswa kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, angket guru dan siswa. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 91% dengan katagori “sangat layak”, hasil validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 94% dengan katagori “sangat layak”, hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai sebesar 85” dengan katagori “sangat layak”, hasil validasi ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 96% dengan katagori “sangat layak”, hasil respon guru kelas diperoleh nilai sebesar 93% dengan katagori “sangat layak” dan respon siswa sebesar 100% dengan kriteria “sangat layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas multimedia interaktif berbasis canva pada materi menggurutkan bilangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran siswa kelas I Sekolah Dasar.

Kata kunci: multimedia interaktif, canva, matematika SD, menggurutkan bilangan

References

Amelia, D., Jayanti, & Suryani, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 80 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9 (3), 797 810. doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1356

Andriani, S, Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6 (2). 9333–39.

Azizah, Z. F. (2019). Instrumen Angket Validasi Pengembangan Media Fung-Cube Pada Pembelajaran Fungi Untuk Siswa SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9), 1689–1699.

Dewi, O.A., Hayati, L., Hikmah, N., & Surjana, K. (2022). “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Lingkaran.” Journal of Classroom Action Research 5(3). doi: 10.29303/jcarv5i3.5169.

Dhani, R. R., (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. 9 (1). 45–50, doi: 10.37755/jsap.v9i1.251

Fadilah, A Zakiyah, K.R.N., Kanya, N.A., Hidayat, S.P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR). 1(2). 1–17.

Halimah, E. N., Sari, A. P., Herlina, L., & Rofiki, I. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Canva pada materi geometri untuk menstimulasi berpikir kritis siswa kelas 2. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7(2), 206-211.

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A.S. (2022). Pengembangan Media Uno Math Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Development of Uno Math Media to Measure Understanding the Concept of Area of Flat Shapes. Jurnal All Fields of Science J-LAS 2(1):209–17.

Kamila, Z., & Qowiyah. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 7 (1). 72–83. doi:10.31004/cendekiav7i1.1663.

Karim, A., Savitri, D., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar.Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika. 1 (2). 63–75. doi:10.46306/lbv1i2.17.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.

Panggabean, T. U., & Rozi, F. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS di SDN 101768 Tembung. Jurnal Handayani (Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah dan Pendidikan Dasar), 14(2), 89-98.

Purnama, S., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,.5 (4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247.

Saputro, H.B. (2023). Pengembangan Modul Matematika Pada Materi Perbandingan Dan Skala Untuk Siswa Kelas v Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas: Fundamental Pendidikan Dasar. 6 (1). 37–49. doi: 10.12928/fundadikdas.v6i1.7826.

Saputro, H.B., & Febriani, O.R. (2023). Pengaruh Penggunaan Modul Digital Interaktif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Materi Pecahan Kelas Iv Sdn 2 Klesem. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika. 4 (1) : 130–39. doi: 10.46306/lb.v4i1.219.

Downloads

Published

2025-03-26

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times