PENGGUNAAN TEORI APOS DALAM PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMAN 2 BUAY BAHUGA

Authors

  • Mushlihah Rohmah Universita Nurul Huda
  • Annisa Nur Azizah Universitas Nurul Huda, Indonesia
  • Dyah Pravitasari Universitas Nurul Huda, Indonesia
  • Denix Aricho Sundawa Universitas Nurul Huda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i1.7382

Abstract

Pemahaman konsep dapat ditingkatkan dengan cara siswa mengerjakan secara individual bukan berkelompok. Dalam Teori APOS terdapat tahap aksi, proses, objek, dan skema yang memungkinkan siswa dapat membantu siswa memahami konsep. Selain pemahamn konsep, siswa juga belum mampu memecahan masalah yang berkaitan dengan sehari-hari sehingga perlu adanya pendekatan Etnomatematika yang digunakan untuk menyampaikan materi di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan teori APOS dengan pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep dalam belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik Pengumpulan data yaitu Observasi, Tes (Pre-Test dan Post-Test). Intrumen penelitian meliputi lembar obsevasi dan soal pemahaman konsep matematika. Prosedur penelitian meliputi: persiapan, pelaksanaan, pengolahan data dan hasil. Berdasarkan hasil uji N-gain, penggunaan teori APOS dalam pendekatan etnomatematika terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sebesar 0,75 jika dibandingkan dengan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) yang mencapai 0,62. Faktor yang mempengaruhi keefektifan ini yaitu tahapan APOS, Gaya Belajar Siswa, Latihan rutin dan soal Etnomatematika yang diberikan pada penelitian ini.

Kata Kunci : APOS Theory , Ethnomathematics, Understanding Concepts

References

Ajmain, A., Herna, H., Masrura, S.I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika SIGMA, 12(1), 45-54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3910

Fransiska., Maizora, S., Yensy, N.A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(4), 383-393. DOI:https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.383-393383. https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/11693/pdf

Gana, B. (2024). 7 Tips Dan Trik Menguasai Matematika Dalam Waktu Singkat. Diambil dari: https://Mediaindonesia.Com/Humaniora/707622/7-Tips-Dan-Trik-Menguasai-Matematika-Dalam-Waktu-Singkat

Komariyah, S., Fatmala. A., Laili, N. . (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/523

Kurniawati, I., Raharjo, T.I., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan 21. Prosing Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 701-707. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/360

Mahadi, F., Husin, M.R., & Hassan, Nh.Md. (2022). Learning Style: Visual, Auditory and Kinesthetic. Journal Of Humanities and Social Sciences, 4(1), 29-36. https://lamintang.org/journal/index.php/jhass/article/view/341

Mardiana., & Suherman. (2019). Pengaruh Pendekatan APOS (Action, Process, Object, Schema) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Kelas XI IPA SMA Adabiah Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian, 8(2), 25-30. https://ejournal.unp.ac.id/students//index.php/pmat/article/download/6220/3131

Mulyono. (2011). Teori APOS dan Implentasinya dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education (JMEE). 1(1), 37-45. https://jurnal.uns.ac.id/jmme/article/view/9924/8840

Napiah, N., Kurniawati, I., Fitriana, L. (2019). Upaya Peningkatan Knsep Matematik Siswa Pada Himpunan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (Penelitian dilakukan di Kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018). Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(5), 535-547. https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/38725/25640

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/4800/4258

Rahma. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Teorema Pythagoras Berdasarkan Teori APOS ditinjau dari Self Efficacy. Tesis tidak dipublikasikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving In Mathematical Using Teory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671-681.

Sarwoedi., Marinka, D.O., Febriani, P., & Wirne, I.N. (2018). Efektivitas Enomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Sengkey, D.J., Sampoerna, P.D., & Aziz, T.A. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis: sebuah kajian literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67-74. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index

Sugiyanto., & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA pada Pertidaksamaan Rasional dan Irrasional. Indonesian Journal Of Education And Learning, 3(2), 354-359.

Yuliana, D., & Ratu, N. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Eksponen Berbasis Teori APOS Pada Siswa SMA Salatiga. MAJU Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 51-65. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/mtk/article/view/492

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 19 times