EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA JEMBATAN BEATRIX DI KABUPATEN SAROLANGUN

Authors

  • Widya Wahyu Ningsih Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Rima Meslita Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Ali Murtadlo Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v12i1.6714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika yang terdapat pada Jembatan Beatrix di Kabupaten Sarolangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan etnografi (sosial budaya) dengan sumber data diperoleh dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis data model Spradley meliputi kegiatan analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Pengecekan keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini dilakukan pada Jembatan Beatrix di Kabupaten Sarolangun yang berada di Jl. Sri Pelayang, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, konsep matematika yang terdapat pada Jembatan Beatrix di Kabupaten Sarolangun yaitu : Geometri dimensi satu berupa Garis yang saling tegak lurus, garis yang saling berpotongan, garis yang saling sejajar, dan sudut. Geometri dimensi dua berupa Persegi, persegi panjang, segi delapan, lingkaran, busur lingkaran, tali busur, dan tembereng lingkaran. Geometri dimensi tiga berupa Balok dan tabung. Jenis transformasi geometri berupa refleksi dan dilatasi.

Kata Kunci: etnomatematika, geometri, jembatan Beatrix

References

Afidati, M., & Malasari, P. N. (2023). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna Menggunakan Pendekatan Teori Kognitivisme. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 67–77. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.67

Annisa, D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Astari, W. W., & Susilo, A. J. (2019). Analisis Perbandingan Antara Fondasi Tiang Pancang Baja H-Piles Dan Fondasi Tiang Pancang Beton Persegi Prestressed. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 2(2), 143. https://doi.org/10.24912/jmts.v2i2.4303

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boston, MA: Pearson.

Danoebroto, S. W. (2020). Kaitan antara Etnomatematika dan Matematika Sekolah: Sebuah Kajian Konseptual. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(1), 37–48. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v7i1.171

Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955-1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734

Fitroh, W. (2020). Analisis Tradisi Melemang dalam Kajian Etnomatematika Dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 596. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.993

Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35

Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1), 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Muis, I. I. C, Billa, H. W., Ningsih, W. H., & Hasanah, S. I. (2023). Etnomatika Dalam Jembatan Suramadu Untuk Meningkatkan Pemahaman Geometri Pada Siswa. Sigma, 8(1), 61. https://doi.org/10.53712/sigma.v8i1.1701

Muslimahayati, M., & Wardani, A. K. (2019). Implementasi Etnomatematika Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Elemen, 5(2), 108–124. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.957

Ni’am, M. K., Saputra, I., Muttaqin, U., & Fahmy, A. F. R. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Jembatan Lengkung Pekalongan Peninggalan Belanda. Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, 3(02), 54–60. https://doi.org/10.14421/quadratic.2023.032-03

Nugroho, I. D. W. S. A. (2018). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1–10.

Perdani, H. N., & Azka, R. (2019). Teknologi Dan Pembelajaran Matematika Generasi Milenial. Proseding Sendika, 5(1), 508–514. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/778

Rohman, H. A., Juandi, D., & Jupri, A. (2021). Berpikir Geometri Level Visualisasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Topik Segiempat Menurut Teori Van Hiele. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika,3(2),133–144. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i2.133-144

Sudrajat, H., & Hariati, R. H. (2021). Hakikat Pendidikan Sepanjang Hayat Untuk Ditanamkan Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(2), 253–262. https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v6i02.44

Sugiyono. (2018). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Keabsahan data. INA-Rxiv, 1–22.

Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Journal Form of Culture, 5(1), 1–10.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Dalam Metode Kualitatif Untuk Riset Akuntansi Budaya. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G., & Suharta, I. G. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397-413. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183

Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., & Sugiarti, T. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami ’ Al-Baitul Amien Jember Ethnomathematics exploration at the Jami ’ Al-Baitul Amien Jember Mosque. 2(1), 11–20.

Yulianti, A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Jembatan Emas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bappeda.Babelprov.Go.Id, 89–93. https://bappeda.babelprov.go.id/content/sinkronisasi-perencanaan-dan-penganggaran-pembangunan-daerah

Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216–226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 37 times