EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6611Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai peningkatan hasil dan aktivitas belajar matematika sekolah dasar dengan metode team game turnamen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, khususnya menggunakan metodologi kuantitatif inferensial. Instrumen yang digunakan antara lain observasi, wawancara, tes, dan angket, untuk mengumpulkan data dari sampel sebanyak 30 siswa. Para siswa dipisahkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proporsi keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat dari 58,15% pada penilaian awal menjadi 88,15% setelah penerapan tindakan eksperimen. Selain itu, terjadi peningkatan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar siswa, yaitu meningkat dari 42,00 pada tes pertama (pretest) menjadi 77,33 pada tes akhir (posttest). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Team Game Tournament (TGT) dengan media flashcard efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Team Game Tournament, matematika, hasil belajar
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482.
Anggraeni, A. A., Veryliana, P., & R, I. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218-225.
Aprilia, A., & Nur Fitriana, D. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. Journal Elmentary Education, 1(2), 28–40.
Asmara, S. R., Anggraini, S., Nurbaiti, Sucahyo, E., & Ningtyas, R. K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema Aku dan Cita-citaku Menggunakan Model TGT (Teams Games Tournament) di Kelas IV SD Negeri 100930 Sibatang Kayu Kabupaten Padang Lawas Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(3), 17-28.
Februan, S. (2022). Sepenting Apa Media Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 43–46.
Hamdani, M. S., . M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 431-437.
Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2020). Upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di masa pandemi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3791–3798.
Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.
Koerniantono, M. E. K. (2019). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 59–70.
Lovez, E., & Sayu, S. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas Viii Smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 26–32.
Muslim, F. M., Kosasih, U., Saputra, S., & Ahmatika, D. (2023). Game-Based Learning: Math Train Track Pada Pembelajaran Gradien. Jurnal Math-UMB.EDU, 10(2), 98-103.
Narsih, Hariyanto, & Sujiono. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Pendidikan Dasar Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–8.
Nasution, I., Fadilla, A. S., Hayati, I., & Nurjannah, D. (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Guru Guna Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Pendidik. Jurnal Pendidikan, 2(1), 38–47.
Novianita, L., & Haji, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3), 13-18.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31.
Pranowo, G. (2021). Pengembangan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Edudikara : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 129–139.
Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustin, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 402.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Soleh, H., & Sari Dewi, R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Promwongsai, A., & Poonputta, A. (2023). Investigating The Effectiveness Of TPACK and TGT in Enhancing Histogram Learning Achievement Among Eighth-Grade Students. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 6(4), 1015–1022.
Pusvita, Y., & Sumardi, H. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kota Bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 11(2), 137–143.
Putri, F. M., & Safrizal. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Nageri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 66–77.
Rani, D. E. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(4), 6068–6077
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Putu, I., Dharma Hita, A., Razali, G., Lokita, R. D., Dewi, P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269.
Saraseila, F., Karjiati, & Agusdianita, N. (2020). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus XIV Kota bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(2).
Sari, Y. P., & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dan Means Ends Analysis. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(2), 37–42.
Septia, A. L., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournamet) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mathematics Education Journal, 1(3), 116–126.
Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 1(1), 34–42.
Ummah, I., & Mutaqin, A. (2023). Pengarauh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(4), 302–310.
Widodo, U., & Mugiyo. (2021). The effectiveness of jigsaw learning strategy to teach speaking. International Journal of Language Teaching and Education, 2015, 1–15.
Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational .
Zhakilla, F. N. (2023). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Bilangan Pada Materi Operasi Bilangan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 152–163.
Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 41.