DESKRIPSI PENGETAHUAN METAKOGNISI SISWA KELAS XI SMA NEGERI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6547Abstract
Pengetahuan siswa tentang proses berpikirnya sendiri, serta kemampuan diri untuk mengatur dan mengontrol aktifitas berpikirnya saat belajar serta berpikir dapat disebut dengan kemampuan metakognisi. Siswa yang mahir dalam metakognisi mampu memanfaatkan fakta dengan tepat dari instrumen pemecahan masalah, membuat rencana penyelesaian serta mempelajari bilamana dan sebab rencana penyelesaian instrument digunakan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengetahuan metakognisi siswa berkemampuan tinggi dalam pemecahan masalah matematika dengan tahapan Polya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI FI SMAN 6 Kota Jambi dengan jumlah siswa 35 kemudian dipilih dua orang untuk di wawancara. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah soal tes pemecahan masalah matematika dan petunjuk wawancara. Perolehan analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa siswa telah mencukupi parameter pengetahuan metakognisi yaitu pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural dan pengetahuan kondisional dalam tiap tahapan pemecahan masalah menurut polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan mengecek kembali.
Kata Kunci: pengetahuan metakognisi, pemecahan masalah Matematika
References
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.78
Hartono, Y. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Margono, A., Mardiyana, & Henny, E. C. (2018). Analisis Penggunaan Pengetahuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Berdasarkan Tahapan Polya. SOLUSI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(6), 471-484. https://dx.doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v2i6.37807
Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murni, A. (2019). Metakognisi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PRINSIP, 1(2), 1-14. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.23
Murti, H.A.S. (2011). Metakognisi dan Theory of Mind (ToM). Jurnal Psikologi PITUTUR, 1(2), 53-64.
Polya, G. (1973). How To Solve it, Second Edition. Princeton New Jersey: Princeton University Press.
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susriyati, D & Yusrida, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika melalui Model PBL berbasis Karakter. Jurnal JARTIKA, 2(1), 272-280.
Riani, R., Asyril, A., & Untu, Z. (2022). Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51-60. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1064