PENGEMBANGAN BUKU LATIHAN SOAL MATEMATIKA AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) BERBASIS LITERASI NUMERASI UNTUK SD/MI

Authors

  • Nur Fathonah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Indonesia
  • Sri Rahayu Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Indonesia
  • Erlin Ladyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.6283

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan buku ajar Matematia "Latihan Soal AKM Berbasis Literasi dan Numerasi untuk Siswa SD/MI". Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan buku ini adalah model ADDIE. Subyek penelitian berasal dari SD Ma'arif Hasanudin Surabaya. Kualitas buku dinilai baik apabila memenuhi kriteria validitas dalam aspek isi, sajian, dan kegrafikaan. Kriteria validitas terpenuhi jika buku divalidasi oleh ahli isi, sajian, dan kegrafikaan dengan hasil yang kurang lebih memenuhi kriteria yang baik dengan sedikit perbaikan yang sedikit. Uji keterbacaan buku juga perlu mencapai kriteria baik. Kriteria praktis terpenuhi jika buku mendapat respons positif dari siswa dan mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Terakhir, kriteria efektifitas memerlukan perbedaan signifikan antara pretest dan postest, serta nilai N-gain minimal pada kriteria cukup efektif. Dari hasil penelitian, buku Matematia "Latihan Soal AKM Berbasis Literasi dan Numerasi untuk Siswa SD/MI" memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE berhasil memenuhi kriteria validitas, praktis, dan efektifitas. Oleh karena itu, buku ini dianggap memenuhi kualitas baik dan direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Buku latihan soal AKM, literasi, numerasi

References

Fathonah, N., & Ladyawati, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Multiple Intelligence. SNHRP, 2, 559–570. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/42

Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?

Kemendikbud. (2017). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. www.kemdikbud.go.id

Ladyawati, E., & Rahayu, S. (2022). Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Literasi dan Numeari Sebagai Penguat AKM. 06(02), 1433–1448.

Musyafak, A., & Agoestanto, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Bermuatan Soal Literasi Numerasi Bernuansa STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada PBL. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 273–284. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.273-284

Musyrifah, E., Dwirahayu, G., & Satriawati, G. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bagi Guru Mi Dalam Upaya Mendukung Keterampilan Mengajar Serta Peningkatan Literasi Numerasi. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 61. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.61-72

Nuzulia, N., & Gafur, A. (2022). Development of Minimum Competency Assessment (AKM)-Based Exercise Books to Improve Students’ Literacy and Numeracy Skills at Sdn Janti 02 Sidoarjo. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v6i1.1564

Oktiningrum, W., & Wardhani, D. A. P. (2020). Developing Hot Mathematics Task with Indonesian Heritage as Context to Assess Mathematical Literacy of Students in Primary School. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8), 69. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i1.1997

Penelitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2: Teori & Praktek. (2020). Yudi Hari Rayanto , Sugianti. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pJHcDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=+ADDIE&ots=ycleRyyBDS&sig=mjCsfXsZCaKdgU5MjrACTlDnPmI&redir_esc=y#v=onepage&q=ADDIE&f=false

Purba, D., Lubis, R., Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., & Pendidikan Tapanuli Selatan Abstrak, I. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 4, Issue 1). http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Purnamasari, R., Safitri, N., & Kurnia, D. (2023). Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Numerasi Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 787–797. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4591

Purpura, D. J., & Lonigan, C. J. (2013). Informal Numeracy Skills: The Structure and Relations Among Numbering, Relations, and Arithmetic Operation in Preschool. . American Educational Research Journal, 50(1), 178-209, 50(1), 178–209.

Rahayu, S., Fathonah, N., & Ladyawati, E. (2017). Pengembangan Buku Intisari Matematika Jenjang Sekolah Dasar Ditinjau Dari Aspek Kelayakan Isi. In Jurnal Buana Matematika (Vol. 7, Issue 2).

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 19 times