ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

Authors

  • Yokia Marsita Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Indonesia
  • Ishaq Nuriadin Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.6143

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa untuk menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Ada empat indikator kemampuan berpikir kritis: 1) menyatakan penjelasan sederhana, 2) menyertakan penjelasan lanjut, 3) memilih strategi dan teknik, 4) menyajikan kesimpulan. Objek penelitian sebanyak 21 siswa kelas VIII di salah satu Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS Swasta) di Ciputat Timur Tangerang Selatan yang telah diajarkan materi SPLDV. Kemudian dipilih subjek yang memiliki kemampuan disposisi matematis tinggi, sedang, rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disposisi matematis, tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi penelitian. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan disposisi kategori tinggi mampu menjangkau keempat indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Siswa kategori disposisi matematis sedang mampu menjangkau tiga dari empat indikator berpikir kritis matematis. Siswa  kategori disposisi matematis rendah baru mampu menjangkau satu diantara empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu Elementary clarification (memberikan penjelasan sederhana).

Kata Kunci: disposisi matematis, kemampuan berpikir kritis matematis, soal cerita

References

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024

Febrilia, B. R. A., Juliangkary, E., & Korida, B. D. (2019). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Statistika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 528–541. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2270

Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan Representasi Dan Disposisi Matematis Siswa Terhadap Peningkatan Mathematical Power. JIPMat, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089

Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis. 9(2), 1–10.

Miles, M., Huberman, A. M., & Jhonny, S. (1994). Qualitative data analysis. A Methods Sourceboo. London, UK: Sage Publications.

Nurfitriyanti, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Persepsi Masyarakat. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 84–93. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1726

Puspitawati, V. S., & Agasi, G. R. (2017). Penggunaan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa Smp. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 147–158. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp147-158

Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038

Rosiyanti, H., & Purnomo, Y. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Teori Behavioristik. Jurnal Pendidikan, 61–64.

Rusuli, I. (2014). Refleksi Teori Belajar Behavioristik Dalam Perspektif Islam. 8(1), 38–54. https://doi.org/10.13170/jp.8.1.2041

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Susanti, E., & Arista, A. (2019). Analisa Tingkat Pengetahuan Guru terhadap Kompetensi 4C. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2(September), 73–78. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1509

Syahbana, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl). Edumatica, 2(1), 45–57. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.769

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Sma. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 116–122. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616

Umam, K., & Susandi, D. (2022). Critical thinking skills: Error identifications on students’ with APOS theory. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 182–192. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21171

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 21 times