PENGEMBANGAN E-LKPD BERDASARKAN TEORI APOS DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.6075Abstract
Penelitian ini bermula dari fakta yang ada di lokasi penelitian dan berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwa siswa belum mampu menyelesaikan permasalahan yang disajikan karena kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-LKPD berbasis teori APOS dengan pendekatan etnomatematika yang mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan E-LKPD menggunakan model 4-D yang tediri dari 4 tahapan: pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis teori APOS dengan pendekatan etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa memiliki kriteria valid dari ahli materi dan ahli media serta kriteria praktis dari angket respon siswa. Berdasarkan Uji Hipotesis, E-LKPD berbasis teori APOS dengan pendekatan etnomatematika juga efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.
Kata kunci: Teori APOS, etnomatematika, pemahaman konsep
References
Ajmain, Herna, & Masrura, S.I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 45–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3910
Dwi, R. (2022). Problematika Pembelajaran Matematika di Indonesia Beserta Solusinya. kompasiana. https://www.kompasiana.com/rosnidwi/6304d35e04dff0350a52fcb2/problematika-pembelajaran-matematika-di-indonesia-beserta-solusinya
Nasyarah, R.G. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Teori Apos Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Lufri. (2017). Kiat Memahami dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP.
Mardiana, & Suherman, S. (2019). Pengaruh Pendekatan APOS (Action, Process, Object, Schema) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Kelas XI IPA SMA Adabiah Padang. Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(2), 25–31. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/6220/3131
Mulyono. (2011). Teori APOS dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education (JMME), 1(1), 37-45. https://jurnal.uns.ac.id/jmme/article/view/9924
Nuh, Z. M. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Jurnal Penelitian sosial keagamaan, 19 (2). https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/2552
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7521
Sengkey, D. J., Deniyanti, S., P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265
Stit, S., Nusantara, P., & Ntb, L. (2019). Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79-88. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Suhud, H. (2021). Masalah yang Sering Dihadapi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Diambil dari naikpangkat.com. https://naikpangkat.com/masalah-yang-sering-dihadapi-siswa-dalam-pembelajaran-matematika/
Yuliana & Ratu. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Eksponen Berbasis. Teori APOS pada Siswa SMA Theresiana Salatiga. Jurnal Maju, 5(1), 51–65.
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372–378. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.455.