ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN METODE NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Authors

  • Nurmanto Prengki IKIP PGRI Pontianak Indonesia
  • Jamilah IKIP PGRI Pontianak Indonesia
  • Reni Astuti IKIP PGRI Pontianak Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.5543

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metodologi studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode analisis kesalahan Newman untuk menguji, dari segi gaya kognitif, kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita SPLTV. Penelitian dilakukan terhadap 26 siswa di SMA Negeri 1 Ledo. Pada tahap wawancara, dua siswa dipilih dari masing-masing tiga kategori sesuai dengan pendekatan kognitif FD dan FI.  Berdasarkan data hasil pengelompokan gaya kognitif berdasarkan hasil tes GEFT dapat diketahui bahwa 14 siswa memiliki gaya kognitif tipe Field Independent (FI) dan 12 siswa memiliki tipe Field Dependent (FD). Kesalahan total yang dilakukan oleh peserta didik dalam meneyelesikan soal cerita materi SPLTV menurut tahapan Newman sebanyak 54,2%. Menurut tahapan Newman berdasarkan gaya kognitif tipe FI dan FD pada tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, ada beberapa alasan mengapa siswa melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal cerita. Secara keseluruhan peserta didik melakukan kesalahan membaca (reading) sebanyak 9,6% kesalahan memahami soal (comprehension)  sebanyak 96% kesalahan transformasi (transformation) sebanyak 34,6% kesalahan keterampilan proses (process skills) sebanyak  66,3% dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 64,4%. Maka kesalahan total yang dilakukan oleh peserta didik dalam meneyelesikan soal cerita materi SPLTV menurut tahapan Newman sebanyak 54,2%.

Kata Kunci: kesalahan siswa, metode newman’s error analysis, gaya kognitif, SPLTV

References

Agustinus, E. (2021). Pengaruh Return on Asset (Roa) Dan Debt To Equity Ratio (Der) Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Tercatat Di Bei Periode 2015-2019. Jurnal Arastirma, 1(2), 239. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12362

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17–30.

Astuti, R., Suryadi, D., & Turmudi. (2018). Analysis on geometry skills of junior high school students on the concept congruence based on Van Hiele’s geometric thinking level. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012036

Dewi, S. K., Suardjana., & Sumantri. (2014). Penerapan model polya untuk meningkatkan hasil belajar dalam memecahkan soal cerita matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2057

Delphie, B. (2009). Matematika untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Klaten: PT Intan Sejati. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2013. Hal 24-32.

Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466

Jamilah, & Fadillah, S. (2017). Penggunaan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(8), 60–69

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’s Error Analysis In Mathematical Word Problems). Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).

Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2); 174-187.

Ratumanan, T G. (2003). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1): 1 – 10.

Retna, M., Lailatul, M., & Suhartatik. (2013). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau berdasarkan kemampuan matematika (The Student Thinking Process in Solving Math Story Problem). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo . 1/2, 71 – 82.

Sumita, E., Jamilah, J., & Muchtadi, M. (2022). Analisis Situasi Didaktis Berdasarkan Teory of Didactic Situation (Tds) Materi Kubus Dan Balok. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 7(2), 67-72. https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.34141

Downloads

Published

2024-03-23

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 31 times