EFEKTIVITAS HANDOUT BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Authors

  • Imelda Wardani Rambe Universitas Negeri Medan Indonesia
  • Sanimah Universitas Negeri Medan Indonesia
  • Ummu Haniyyah Universitas Negeri Medan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.5275

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas handout berbasis kearifan lokal untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Materi dan masalah matematika yang diuraikan pada handout berkaitan dengan kehidupan dan lingkungan sekitar, sehingga siswa mampu mengembangkan ide, konsep dan menyelesaikan masalah matematika dengan berbagai alternatif penyelesaian. Tipe penelitian ini memakai metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Handout yang digunakan berbasis kearifan lokal adalah hasil dari pengembangan bahan ajar yang dilakukan menggunakan model pengembangan 4D yang telah valid. Handout berbasis kearifan lokal digunakan pada siswa untuk menunjukkan efektivitasnya. Penggunaan handout dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Pangeran Antasari Medan Helvetia. Angket respon siswa, angket aktivitas siswa dan tes kemampuan berpikir kreatif siswa adalah instrumen pada penelitian ini. Dari hasil analisis data di peroleh bahwa handout berbasis kearifan lokal yang digunakan efektif dilihat dari: respon siswa terhadap pembelajaran positif, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan, ketuntasan belajar klasikal siswa terpenuhi dan seluruh indikator kemampuan berpikir kreatif telah tercapai.

Kata Kunci: handout, kearifan lokal, kemampuan berpikir kreatif

References

Afriansyah, E.A., Puspitasari, N., Luritawaty, I., Mardiani, D., Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: Conference Series, 1402 (2019) 077097. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1402/7/077097

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/1225/1093

Jamil, A. F., Cahyono, H., Ayu, M.S. (2021). Pengembangan Handout Matematika Bercirikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Aksioma, 10 (1), 48-62. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/3260

Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Media Utama.

Junaidi., Sudiana, IN., Parmiti, DP. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Handout Berbasis Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pendasi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(1) 143-155. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/1989/1146

Kaunang, D. F., Mantiri, J., Mangelep, Oktaviandy, N. (2018). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Kearifan Lokal Minahasa Untuk Siswa SMP. Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 223-230. http://ejournal.unima.ac.id/index.php/efrontiers/article/view/761/689

Magdalia, A. (2013). Potensi Kearifan Lokal dalm Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa. Prosiding The 5th International Cofereence on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization”. Jakarta: FIPB UI.

Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyo, Z.K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Surakarta: FKIP UNS.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Prenada media Group.

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar & pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.

Raharjo, S. T. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Handout Sistem Penerima Televisi. Skripsi S1 Pendidikan Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Kecana.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif dan Kontesktual. Jakarta : Prenada Media.

Wanabuliandari, S., Ardianti, S. D., & Rahardjo, S. (2016). Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. Jurnal EduMa, 5(2), 34-41. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/1174/1014

Yunus, H., & Heldy, VA. (2018). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2024-03-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 129 times