PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KOTA BENGKULU

Authors

  • Yuni Pusvita Universitas Bengkulu Indonesia
  • Zamzaili Universitas Bengkulu Indonesia
  • Hari Sumardi Universitas Bengkulu Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.5255

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh dari penerapan model pembelajaran Project-Based Learning terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang dipilih adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari keseluruhan siswa kelas VII, di mana dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian, yakni satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode purposive sampling, di mana dua kelas dipilih berdasarkan karakteristik yang dianggap relevan untuk tujuan penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan MANCOVA. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project-Based Learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 16 Kota Bengkulu secara signifikan setelah memperhitungkan kemampuan awal siswa, dengan nilai pengaruh mencapai 78,7%. Selain itu, pengaruh dari kemampuan awal terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa secara bersama-sama adalah sebesar 56,5%.

Kata Kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan  Berpikir Kritis

References

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Haji, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pembelajaran Matematika Concept-Rich. Universitas Bengkulu : Seminar Nasional.

Hanifah. (2020). Building Student Abilities: Making Reports And Demonstrations Through Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia : Vol.06 N0.01.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal pendidikan biologi, 7(1), 9-21.

Iriyanti, R., Haji, S. & Zamzaili. (2017). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Penalaran Adaptif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Linggau Yang Diajar Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Tipe Stucture DYADIC Method. Jurnal Pendidikan Matematika Raflessia. Vol. 2 No.1 Tahun 2017.

Karim, A & Nurrahmah. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa Vol4(1) halaman 24-32, e-ISSN: 2549-5143.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika dengan model Project Based Learning (PROJECT BASED LEARNING ). Mimbar Ilmu, 25(1), 1-10.

Muntashar, S. (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (Project based learning ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi. UIN : Banda Aceh.

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2).

Putri, S. R. ., Hader, A. E. ., & Putri, A. . (2023). Pengaruh model project based learning (PROJECT BASED LEARNING ) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 02 Koto Baru. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 684–690. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.106

Rahmadani, E & Sumardi, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga Klinometer. Jurnal Math Education Nusantara : Vol. 2 (2), 2019, 143-149.

Sari, A. S., Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(6), 571–581

Sartika, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika, Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Bagi Siswa Kelas X MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Rafflesia: Vol. 2 No. 1 Tahun 2017.

Sevani, O., & Ramadan, Z. H. (2023). The Effectiveness of Project-Based Learning Model in Increasing Understanding of Mathematical Concepts in Fourth-Grade Elementary School Students. Journal of Education Research and Evaluation, 7(3).

Sularmi, S., Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 475-479.

Susanta, A., & Susanto, E. (2020). Efektivitas project-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Theorems, 5(1), 61-68.

Susanta, A., Koto, I., & Susanto, E. (2022). Teachers' Ability in Writing Mathematical Literacy Module Based on Local Context. Education Quarterly

Susanto, E., & Susanta, A. (2022). Efektivitas E-modul interaktif berbasis pembelajaran project ditinjau dari kemampuan literasi matematis dan kepercayaan diri mahasiswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 7(1), 1-13.

Syarifah, L. (2107). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM Vol. 10 No.2.

Wahidatul Asmi, A., Rahmat, F., & Adnan, M. (2022). The Effect of Project-Based Learning on Students’ Mathematics Learning in Indonesia: A Systematic Literature Review. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 5(4), 311-333. https://doi.org/10.5281/zenodo.7106324

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 23 times