STRATEGI DIVISI SOCIAL MEDIA COORDINATOR DALAM PEMANFAATAN INSTAGRAM @KAMISAHABAT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK

Penulis

  • Ammar Nabhan Ayala Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Institut Pertanian Bogor
  • Vievien Febri Astuti Komunikasi Digital dan Media, Institut Pertanian Bogor
  • Tasya Camila Komunikasi Digital dan Media, Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v6i1.8248

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Divisi Social Media Coordinator dalam memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi publik, dengan menggunakan kerangka analisis The Circular Model of SOME oleh Regina Luttrell yang terdiri dari empat tahap: Share, Optimize, Manage, dan Engage. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana data didapatkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Divisi SMC telah menerapkan strategi komunikasi yang terstruktur dan efektif dalam menyebarkan informasi mengenai program Sahabat kepada audiens utama yaitu mahasiswa. Strategi tersebut mencakup pemilihan media yang sesuai, pengoptimalan konten berbasis tren dan karakteristik audiens, pengelolaan komunikasi dua arah, serta pelibatan audiens melalui konten interaktif. Dengan demikian, pemanfaatan Instagram oleh Divisi SMC terbukti mampu meningkatkan keterlibatan serta memperkuat peran media sosial sebagai sarana komunikasi publik

Kata Kunci : Instagram, Komunikasi Publik, Strategi Media Sosial, Social Media Coordinator

Biografi Penulis

Vievien Febri Astuti, Komunikasi Digital dan Media, Institut Pertanian Bogor

Vivien Febri Astuti merupakan seorang dosen Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University. 

Tasya Camila, Komunikasi Digital dan Media, Institut Pertanian Bogor

Tasya Kamila merupakan seorang dosen Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University.

Unduhan

Diterbitkan

27-05-2025

Cara Mengutip

Ayala, A. N. ., Astuti, V. F. ., & Camila, T. . (2025). STRATEGI DIVISI SOCIAL MEDIA COORDINATOR DALAM PEMANFAATAN INSTAGRAM @KAMISAHABAT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK: . Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM), 6(1), 102–120. https://doi.org/10.36085/jsikom.v6i1.8248
Abstrak viewed = 0 times