ANALISIS PRINSIP DESAIN VISUAL PADA INSTAGRAM @KOMINFOBOGOR UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.36085/jsikom.v6i1.8230Abstrak
Perkembangan media sosial mendorong Diskominfo Kota Bogor untuk memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk menyampaikan informasi melalui konten visual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana prinsip desain visual seperti kesatuan, keseimbangan, irama, dan penekanan diterapkan dalam konten unggahan @kominfobogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi dan purposive sampling terhadap unggahan di bulan Januari hingga April 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa unggahan di akun @kominfobogor telah menerapkan prinsip desain visual secara optimal, seperti desain feeds "Kantong Parkir Balkot Ramadhan Fest 2025", "Jumat Agung 2025", dan seterusnya. Namun, masih ditemukan beberapa konten yang belum maksimal dalam menerapkan prinsip desain visual.
Kata Kunci: Prinsip Desain Visual, Komunikasi Publik, Media Sosial
