KESETARAAN GENDER DALAM ARISAN MAPAN: MAMA LAGI MEETING DI KANAL YOUTUBE MAPAN

Penulis

  • Shelly Arsita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mukhlizar Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/joiscom.v4i2.6049

Abstrak

ABSTRAK

 

.Dibalik periklanan tentang bias gender, terdapat iklan yang menggambarkan tentang kesetaraan gender yang dapat ditemukan pada Iklan Arisan Mapan: Mama Lagi Meeting. Dalam iklan tersebut tidak terdapat sifat menyudutkan dan streotip pada perempuan, namun terdapat kesetaraan peran antara laki-laki dan perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami nilai-nilai kesetaraan gender melalui tanda-tanda yang ditampilkan dalam iklan Arisan Mapan: Mama Lagi Meeting pada Kanal Youtube Mapan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif kualitatif dengan pendekatan Library Research, menggunakan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce yaitu teori segitiga makna atau triangle meaning yang terdiri dari tiga elemen utama, yakni tanda (sign), objek (object)  dan interpretant. Di dalam iklan memuat tentang penjabaran nilai-nilai kesetaraan gender yang ditemukan pada 5 adegan atau scene. Dalam 5 scene atau adegan terdapat 6 potongan gambar yang menggambarkan realitas kehidupan suami dan istri dalam rumah tangga, terdapat potongan gambar yang menjelaskan tentang peran suami dalam rumah tangga seperti menyirami tanaman, menyetrika pakaian, menjaga anak, dan mengikuti kegiatan sosial yaitu arisan. Tidak hanya itu, pada potongan gambar menejelaskan peran seorang istri dalam mengoptimalkan kekuatan maskulinitas saat menyucikan motor.Maka tidak ada salahnya jika peran istri dipertukarkan dengan suami, sebaliknya pun begitu peran laki-laki dapat dipertukarkan dengan istri selama tidak melanggar syariat Islam.

Kata Kunci: Iklan Arisan Mapan, Kesetaraan Gender, Semiotika Charles Sanders Peirce

ABSTRACT

Behind the advertisement about the gender bias, there is an advertisement that describes gender equality which can be found in Arisan Mapan Advertisement: Mama Lagi Meeting. In this ad, there is no stereotype for women, but there is an equal role between men and women. The purpose of this study is to find out and understand the values of gender equality through the signs displayed in the Arisan Mapan advertisement: Mama Lagi Meeting on the Mapan Youtube Channel. The type of this study was the descriptive qualitative research with the Library Research approach, using Charles Sanders Peirce's semiotic analysis model, namely the triangle meaning theory consisting of three main elements, namely sign, object and interpretant. The advertisement contains a description of the values of gender equality found in 5 scenes. In the 5 scenes, there are 6 pieces of pictures that depict the reality of husband and wife's life in the household, there are some pieces of pictures explained the husband's role in the household, such as watering the plants, ironing clothes, looking after the children, and participating in social activities, namely Arisan, a regular social gathering. Not only that, the screenshots explain the role of a wife in optimizing the power of masculinity when washing the motor. So there is nothing wrong if a wife role is exchanged:by a husband, and vice versa, the role of men can be exchanged with the wife as long as it does not violate Islamic law.

Keyword: Arisan Mapan Advertising, Gender Equality, Charles Sanders Peirce's Semiotics

 

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Shelly Arsita, & Mukhlizar. (2023). KESETARAAN GENDER DALAM ARISAN MAPAN: MAMA LAGI MEETING DI KANAL YOUTUBE MAPAN. JOISCOM (Journal of Islamic Communication), 4(2), 20–30. https://doi.org/10.36085/joiscom.v4i2.6049
Abstrak viewed = 17 times