PENGEMBANGAN TERNAK SAPI POTONG DENGAN POLA PENGGADUHAN SISTEM BAGI HASIL (Studi Kasus di Kelompok Tani Tunas Harapan, Desa Sumber Arum, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma)

Authors

  • Zul Efendi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu
  • Nurhaita Nurhaita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Erpan Ramon Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu
  • Andi Ishak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu.

DOI:

https://doi.org/10.36085/jinak.v1i2.1818

Abstract

ABSTRAK

Pola penggaduhan ternak sapi potong di Pedesaan umum diterapkan oleh peternak, salah satunya yaitu sistem bagi hasil untuk pengembangan populasi ternak. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Sumber Arum Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma pada bulan Agustus sampai dengan September 2020 dengan tujuan  mengetahui pengaruh pola penggaduhan dengan sistem bagi hasil terhadap perkembangan populasi ternak sapi potong. Penelitian dilakukan dengan metode sensus dengan melibatkan 16 orang anggota kelompok. Disamping itu juga dilakukan konfirmasi hasil sensus melalui FGD dengan  pengurus kelompok tani. Data yang dikumpulkan adalah keragaan kepemilikan sapi potong, pola penggaduhan, keuntungan peternak dan kelompok dari system bagi hasil dan rencana pengembangan kelompok. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola penggaduhan dengan sistem bagi hasil mampu meningkatkan populasi ternak milik kelompok tani dan memberikan keuntungan bagi peternak dan kelompok. Rencana pengembangan kandang komunal untuk penggaduhan ternak milik kelompok dapat diterapkan, namun permasalahan kesediaan lahan menjadi kendala. Oleh karena itu diperlukan kerjasama dengan pihak lain untuk pengadaan lahan misalnya melalui  sistem sewa lahan.

Kata Kunci: Sapi potong, penggaduhan dan bagi hasil

References

Afriani, H, Idris, N. dan Fatati. 2014. Minat dan Motivasi Peternak Untuk Mengembangkan Ternak Sapi pada Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit di Propinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan, XVII(2): 77-83.

Hastuti, D. dan Awami, S.N. 2017. Analisis Ekonomi Usahatani Sapi Potong di Kelurahan Plalangan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Cendekia Eksakta, 2(1): 24-34

Jan, R., Sudrana, I.P. dan Kasip, L.M. 2015. Pengamatan Sifat-sifat yang Mempunyai Nilai Ekonomi Tinggi pada Sapi Bali di Kota Mataram. Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Indonesia, 1(1): 53-59

Mayangsari, D., Prasetyo, E. dan Mukson. 2014. Evaluasi Program Kredit Usaha Peternakan Sapi Potong pada Tingkat Kelompok Tani Ternak di Kabupaten Grobogan. Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan, 2(2): 1-7.

Mulyo, I.T., Marzuki, S. dan Santoso, S.I.2012. Analisis Kebijakan Pemerintah Mengenai Budidaya Sapi Potong di Kabupaten Semarang. Animal Agriculture Journal, 1(2): 266-27.

Rahmat. P. 2016. Analisis Keuntungan Peternak Sistem Gaduhan Di Desa Pogalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Jurnal Ecces (Economics, Social, And Development Studies). Volume 03 No 02 Halaman 1 – 30.

Rouf, A.A. dan Munawaroh, S. 2016. Analisis Efisiensi Teknis dan Faktor Penentu Inefisiensi Usaha Penggemukan Sapi Potong di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 19(2): 103-118

Rusdiana, S., Adiati, U. dan Hutasoit, R. 2016. Analisis Ekonomi Usaha Ternak Sapi Potong Berbasis Agroekosistem Di Indonesia. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Agriekonomika, 5(1) 2016: 137-149

Siregar, G. 2012. Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong. Agrium, 17(3): 192-201.

Putra. F.A.I.A., Hidayat. N., dan Alfirianto. T. 2018. Penentuan Kelayakan Kandang Sapi Menggunakan Analytic Hierarcy Process-Weighted (AHP-WP) [Studi Kasus UPT Pembibitan Ternak Dan Hijauan Makanan Ternak Singosari]. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Volume 2 No 10. Halaman 4213 – 4220.

Widiati, R. 2014. Membangun Industri Peternakan Sapi Potong Rakyat dalam Mendukung Kecukupan Daging Sapi. Wartazoa, 24(4): 191

Yunianto, A. F. 2015. Urgensi Tradisi Gaduh Bagi Hasil Hewan Ternak Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Dusun Jeruk Wangi Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Downloads

Published

2021-07-25
Abstract viewed = 391 times