PENGARUH PERENDAMAN DENGAN LARUTAN GARAM TERHADAP KANDUNGAN RENDEMEN, BAHAN KERING, SERAT KASAR DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN (BETN) UMBI GADUNG (Dioscorea hispida) SEBAGAI PAKAN TERNAK

Authors

  • Jannati Adni Arista Putri
  • Edwar Suharnas
  • Suliasih suliasih Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jinak.v1i2.1815

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh perendaman larutan garam terhadap kandungan rendemen, bahan kering, serat kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) umbi gadung sebagai pakan ternak. Penelitian ini dilaksanakan pada 3-12 April 2016 di Jalan H.M Zahab RT.04 RW.07 Kelurahan Bajak, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Analisa proksimat dilakukan di Laboratorium Analisa Pusat Penelitian Sumberdaya Hayati dan Bioteknolog LPPM Institut Pertanian Bogor pada 15 April - 15 Mei 2016. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan larutan garam dengan level 0% - 6% menunjukkan hasil berbeda nyata terhadap kandungan rendemen, bahan kering dan BETN namun tidak berbeda nyata terhadap serat kasar.

Kata Kunci : perendaman, larutan garam, umbi gadung

References

DAFTAR PUSTAKA

Desniar, D. Poernomo dan W. Wijatur. 2009. Pengaruh Konsentrasi Garam pada Peda Ikan Kembung (Rastrelliger sp) dengan Fermentasi Sspontan. Jurnal Hasil Perikanan Indonesia XII (1): 82

Has, H, Astriana Napirah dan Amiludin Indi. 2014. Efek Peningkatan Serat Kasar dengan Penggunaan Daun Murbei dalam Ransum Broiler terhadap Persentasi Bobot Saluran Pencernaan. Jitro Vol. No. 1

Kartika, Priska Nur. Fithri Choirunnisa. 2015. Studi Pembuatan Osmodehidrat Buah Nanas (Ananas comosul L. Merr). Kajian Konsentrasi Gula dalam Larutan Osmosis dan Lama Perendaman. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol. 3 No. 4 P. 1345-1355

Kartasudjana, R. 2001. Mengawetkan Hijauan Pakan Ternak. Modul Program Keahlian Budidaya Ternak. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta.

Nainggolan, O dan C. Adimunca. 2005. Diet Sehat Dengan Serat. Cermin Dunia Kedokteran No. 147:43-46.

Pambayun, R. 2000. Hydrocianide acid and organoleptic test on Gadung instant rice from various methods of detoxification Prosiding Seminar Nasional Industri Pangan 2000, Surabaya PAU Pangan dan Gizi UGM, Yogyakarta.

Risti, R.C. 2016. Pengaruh Perendaman dalam Larutan Garam terhadap Kandungan Protein Kasar, Lemak dan Abu pada Umbi Gadung (Dioscorea hispida) sebagai Pakan Ternak. Skripsi.

Sativa, M. O. 2016. Pengaruh Perendaman dalam Larutan Garam terhadap Kandungan HCN, NaCl dan Bahan Organik pada Umbi Gadung (Dioscorea hispida) sebagai Pakan Ternak. Skripsi.

Steel R.G dan J. H Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika. Diterjemahkan oleh Bambang Sumantri. Gramedia. Jogjakarta.

Suparjo. 2010. Analisis Bahan Pakan Secara Kimiawi: Analisis Proksimat dan Analisis Serat. Laboratorium Makanan Ternak. Fakultas Peternakan. Universitas Jambi. hal. 7.

Witono, Judy Retti B. Y.I.P Arry Miryanti dan Liya Y. 2013. Studi Kinetika Dehidrasi Osmotik pada Ikan Teri dalam Larutan Biner dan Terner. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahayangan. Laporan Penelitian (Dipublikasikan)

Downloads

Published

2021-07-25
Abstract viewed = 614 times