Peluang dan tantangan usaha pengembangan pembibitan sapi Bali yang diintegrasikan pada tanaman kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat

Authors

  • Bagus Dimas Setiawan Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu https://orcid.org/0000-0002-9856-0254
  • Karin Elista Universitas Bengkulu
  • Arfa'i Arfa'i Fakultas Peternakan, Universitas Andalas
  • Yuliaty Shafan Nur Fakultas Peternakan, Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.36085/jinak.v1i2.1696

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi serta permasalahan dalam upaya pengembangan pembibitan sapi Bali terintegrasi melalui potensi seperti, sumberdaya alam (SDA), dan juga sumberdaya manusia (SDM). Penelitian dilakukan pada bulan November s/d Desember 2018. Penetapan lokasi penelitian dilakukan secara purposive karena daerah tersebut merupakan daerah sentra pengembangan usaha sapi potong di Sumatera Barat. Berdasarkan data sekunder terdapat kelompok tani yang melakukan integrasi antara sapi dan sawit ini. Metoda yang dilakukan adalah metoda survey, dengan wawancara langsung kepada anggota kelompok ternak yang memperoleh bantuan dana integrasi sapi dengan sawit oleh Pemerintah. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif, Uji Mann-Whitney and Kruskal Wallis dan analisis Location quation (LQ). Integarasi ternak sapi-sawit menggunakan metode LEISA (low external input suistinable agriculuter), dengan adanya hubungan antara tanaman budidaya di perkebunan dengan ternak yang dapat memberikan manfaat pada masing-masing subsektor tersebut (simbiosis mutualisme). Diharapkan dengan adanya infromasi identifikasi potensi dan juga solusi dari permasalahan yang ada pada saat ini, maka dalam pengembangan integrasi sapi Bali-sawit bisa berkembang dengan baik dan bisa memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas antara sapi dan perkebunan kelapa sawit.

Kata Kunci : Integrasi, Sapi Bali, Kelapa Sawit, Leisa, Pasaman Barat

References

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2018. Naskah Publikasi Pasaman Barat Dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. ISBN. 978-602-1009-88-8.

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2018. Naskah Publikasi Sumatera Barat Dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. Sumbar. ISSN: 0303-5328.

Departemen Pertanian, 2010. Kebijakan Pengembangan Sapi Potong di Indonesia. Prosiding Workshop Nasional Dinamika dan Keragaan Sistem Integrasi Ternak-Tanaman: Padi, Sawit, Kakao. (In Press).

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Bogor.

Direktorat Jendral Bina Produksi Peternakan. 2012. Pedoman Umum Integrasi Tanaman dan Ternak. Jakarta.

Direktorat Pakan Ternak. 2011. Pedoman Umum Pengembangan Integrasi Ternak. Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementrian Pertanian RI.

Handaka, A. Hendriadi, dan T. Alamsyah. 2009. Perspektif pengembangan mekanisasi pertanian dalam sistem integrasi ternak- tanaman berbasis sawit, padi, dan kakao. Prosiding Workshop Nasional Dinamika dan Keragaan Sistem Integrasi Ternak -Tanaman: Padi, Sawit, Kakao. (In Press). Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Bogor.

Ismail, A., and Gabdo, B.H., 2013. Analysis of the Benefits of Livestock to Oil Palm in an Integrated System: Evidance from Selected Districts in Johor, Malaysia. Journal of Agricultural Science 5 [12]: 48-55.

Romjali, E., Edwardi, dan Rusdiana, S. 2012. Peluang dan Potensi Usaha Ternak Kerbau di Sumatera Barat. Prosiding; Lokakarya Nasional Perbibitan Kerbau 2012, Membangun Grand Design Perbibitan Kerbau Nasional. Puslitbang Peternakan Kementerian Pertanian. Bukittinggi, 13-15 September 2012.

Saragih. B. 2000. Agribisnis Berbasis Peternakan [kumpulan pemikiran]. Ed ke-2 Bogor :USESE Foundation dan Pusat Pembangunan IPB.

Siegel, S. 1997. Statistik Non Parametrik untuk Ilmu-ilmu Sosial. Sayuti Z; Simatupang L, Hagul P, penerjemah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Terjemahan dari: Non Parametric Statistics for Behavioral Sciences.

Simamora, B. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Jakarta.

Syafaat N, A Agustian, T Pranadji, M Ariani, I Setiadjie dan Wirawan. 1995. Studi Kajian SDM dalam Menunjang Pembangunan Pertanian Rakyat Terpadu di KTI. Bogor: Puslit Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Tawaf, R., dan Kuswaryan, S. (2006). Kendala Kecukupan Daging tahun 2010. Prosiding Seminar Nasional Dalam Pemberdayaan Masyarakat Peternakan Dibidang Agribisnis Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Semarang, 3 Agustus 2006. Hlm 173-185.

Yupardi, WS. 2009. Sapi Bali, Mutiara Dari Bali. Udayana University Press, Bali.

Downloads

Published

2021-07-25
Abstract viewed = 515 times