RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI CABAI MERAH (Capsicum annum L) DALAM BUDIDAYA ORGANIK DENGAN MEMANFAATKAN CAMPURAN PUPUK ORGANIK PELEPAH DAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT

Authors

  • Sunarti Sunarti Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
  • Sipatri Pratama Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
  • Nurlianti Nurlianti Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

DOI:

https://doi.org/10.36085/agrotek.v18i2.5810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi cabai merah (Capsicum annum L.) pada budidaya organik dengan menggunakan pupuk organik campuran pelepah dan tandan kosong kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2022 sampai bulan April 2023, di Desa Lubuk Sini, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Propinsi Bengkulu. Percobaan mengunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial, dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah komposisi pupuk (K) yaitu : K1 = pelepah sawit + tandan kosong kelapa sawit (1:1), K2 = pelepah sawit + tandan kosong kelapa sawit (1:2) dan K3 = pelepah sawit + tandan kosong kelapa sawit (2:1). Faktor kedua adalah dosis pupuk (D): D1 = 15 ton/ha, D2 = 20 ton/ha dan D3 = 25 ton/ha. Didapat 27 satuan percobaan, setiap satuan percobaan terdiri dari 5 tanaman sehingga ada 135 tanaman percobaan yang diamati. Hasil sidik ragam yang bebeda nyata akan diuji lanjut dengan menggunakan Ducan’s Multiple Range Test (DMRT) dengan taraf uji 0,05.

 Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perlakuan komposisi pupuk berpengaruh sangat nyata terhadap  jumlah cabang, jumlah buah dan bobot buah. Perlakuan dosis memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah buah umur 14 MST.

 Perlakuan komposisi pupuk terbaik didapatkan pada perlakuan K2 (perbandingan Pelepah sawit dan tandan kosong kelapa sawit, 1:2). Perlakuan dosis terbaik didapat pada perlakuan D3 (dosis 25 ton/ha).

Kata kunci: Cabai merah (Capsicum annum L), pupuk organic, pelepah sawit, tandan kosong kelapa sawit.

Additional Files

Published

2023-12-15
Abstract viewed = 40 times