PENGARUH LAMA PERENDAMAN EKSTRAK BAWANG MERAH DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN AGLAONEMA VARIETAS BIG ROY

Authors

  • Ika Maisari Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu,
  • Yukiman Armadi Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu,
  • Neti Kesumawati Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu,
  • Suryadi Suryadi Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu,
  • Dwi Fitriani Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu,

DOI:

https://doi.org/10.36085/agrotek.v16i2,Des.2846

Abstract

ABSTRAK

Aglonema merupakan salah satu tanaman hias yang menjadi primadona di perkotaan dan tata hias taman, karena aglonema memiliki kemampuan untuk hidup pada lingkungan dengan intensitas cahaya yang rendah contohnya perkantoran dan dekorasi ruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh lama perendaman ekstrak bawang merah dan media tanam terhadap pertumbuhan tanaman aglaonema varietas big roy. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun dengan dua faktor, Faktor I adalah lama perendaman  yang terdiri 4 taraf (0 Menit, 15 menit, 30 menit, 45 menit) dan faktor II terdapat media tanam sekam bakar, tanah, dan cocopeat terdiri 4 taraf (2:2:1, 3:2:1, 3:3:1, 4:3:1) perlakuan diulangi sebanyak 3 kali. Setiap unit percobaan terdiri 4 tanaman dan 2 tanaman dijadikan sampel. Parameter yang diamati presentase tumbuh, waktu  muncul tunas, panjang tunas, jumlah akar, dan panjang akar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahawa: 1) Perlakuan lama perendaman berpengaruh nyata pada parameter panjang tunas dan panjang akar dan tidak berpengaruh nyata pada parameter lainnya; 2) Media tanam tidak berpengaruh nyata terhdap semua parameter; 3) tidak terjadi interaksi antara lama perendaman dan media tanam terhadap semua parameter pengamatan.

 

Kata kunci : Aglaonema, sekam bakar, cocopeat.

PENGARUH LAMA PERENDAMAN EKSTRAK BAWANG MERAH DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN AGLAONEMA VARIETAS BIG ROY

References

DAFTAR PUSTAKA

Gandhi, M. (2018). PENGARUH LAMA PERENDAMAN SETEK NILAM DALAM EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa. L) TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN NILAM (Pogostemon cablin. Benth) [andalas]. Junaedy, A. (2017). Tingkat Keberhasilan Pertumbuhan Tanaman Nusa Indah ( Mussaenda Frondosa ) dengan Penyungkupan dan Lama Perendaman Zat Pengatur Tumbuh Auksin yang Dibudidayakan pada Lingkungan Tumbuh Shading Paranet. Jurnal Ilmu Pertanian, 2(1), 8–14.

Leman. (2007). Aglaonema Tanaman Pembawa Keberuntungan (cetakan 7). penebar swadaya.

Marfirani, M., Rahayu, Y. S., & Ratnasari, E. (2014). Effect of Various Concentration of Onion Filtrate and Rootone-F on the " Rato Ebu " Cuttings Jasmine Growth. Lentera Bio, 3, 73–76.

Mubarok, S., Salimah, A., Farida, F., Rochayat, Y., & Setiati, Y. (2013). Pengaruh Kombinasi Komposisi Media Tanam dan Konsentrasi Sitokinin terhadap Pertumbuhan Aglaonema. Jurnal Hortikultura, 22(3), 251. https://doi.org/10.21082/jhort.v22n3.2012.p251-257

Muswita. (2011). Pengaruh Konsentrasi Bawang Merah (Alium Cepa l.) Terhadap Pertumbuhan Setek Gaharu (Aquilaria Malaccencis Oken). Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains, 13(1), 15–20.

Pamungkas, F. tri, Darmanti, S., & Raharjo, B. (2009). Pengaru Konsentrasi dan Lama Perendaman dalam Supernatan Kultur BacilluS sp.2 DUCC-BR-K1.3 Terhacdap Pertumbuhan Stek Horizontal Batang Jarak Pagar (Jatropha curas LNo Title. Sains Dan Matematika, 17, 131–140.

Purwanto, arie w. (2006). pesona kecantikan sang ratu daun (p. 80 hlm). Kanisius.

Setiawati, W., R. Murtiningsih, N. Gunaeni, dan T. Rubiati. 2008. Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati. Balai Penelitian Tanaman Sayur. Bandung. 203 hlm.

Zainab, S. (2019). Pengaruh Media Tanam dan Interval Penyiraman Terhadap Pertumbuhan Tanaman Aglaonema Varietas Siam Aurora. Univeritas Sumatera Utara.

Additional Files

Published

2021-12-29

Issue

Section

Vol. 15 No. 1(2020)
Abstract viewed = 849 times