PENGARUH BERBAGAI INSEKTISIDA ORGANIK TERHADAP SERANGAN HAMA KUTU BERAS (Sitophylus oryzae L.) PADA BERBAGAI VARIETAS BERAS

Authors

  • Sri Rahmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dwi Fitriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fiana Podesta Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/agrotek.v15i1.1296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  ketahanan beberapa jenis beras terhadap tingkat serangan hama kutu beras (S. oryzae), pengaruh insektisida organik dalam mengendalikan hama kutu beras (S. oryzae), dan  pengaruh interaksi beberapa insektisida organik dan jenis beras terhadap tingkat serangan hama kutu beras (S. oryzae)varietas Penelitian dilakukan di Laboratorium Karantina tumbuhan kota Bengkulu pada bulan April sampai dengan bulan Juni 2020. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap  faktorial dengan 2 (dua) faktor. Faktor Pertama Jenis beras (V) yang terdiri dari 4 taraf yaitu (V1) Varietas Mekongga, (V2) Varietas Ciherang, (V3) Varietas IR-64, (V4) Varietas Cigeulis. Faktor Kedua Insektisida Organik (I) yang terdiri dari 5 (Lima) taraf yaitu Tampa Pemberian Insektisida (I0), Insektisida Daun Sirsak (I1), Insektisida Daun Jeruk Nipis (I2), Insektisida daun Mengkudu (I3), Insektisida daun Serei (I4) dan masing masing perlakuan di ulang sebanya tiga kali sehingga di dapat 60 unit percobaan.

Adapun peubah yang diamati antara lain : serangga yang hidup, beras rusak, beras utuh dan Jumlah tepung yang terbentuk.  Hasil analisis data secara statistik menunjukkan bahwa ketahanan beras beberapa varietas padi menunjukkan hasil yang berpengaruh nyata terhadap serangga yang hidup, beras rusak, beras utuh dan jumlah tepung yangterbentuk.  Dapat disimpulkan bahwa Varietas IR-64 adalah varietas yang paling tahan terhadap serangan Hama Gudang (Sitophillus oryzae ) dibandingkan dengan varietas lainnya, diketahui bahwa kandungan amilosa pada beras Varietas  IR64 mencapai 27 %, ini jelas lebih tinggi dari varietas lainnya yang diamati yang rata-rata hanya 23%. Pemberian insektisida organik terhadap beras tidak memberi pengaruh yang nyata sehingga terdapat hasil tidak bepengaruh nyata dengan adanya kombinasi perlakuan antara varietas beras dan pemberian insektisida organik, ini di karenakan insektisida organis yang di gunakan hanya bersifat menolah hama gudang bukan untuk mematikan. Disarankan perlunya penelitian lanjutan dengan menggunakan  varietas padi lokal dan dengan insektisida organik lainnya.

 

Kata kunci : Ketahanan beras , Varietas, beras, Sitophillus oryzae, Insektisida Organik

References

Damanik, M. Madjid, B [et al]. 2010. Kesuburan Tanah dan Pemupukan. Universitas Sumatera Utara Press. Medan. 214 Halaman

FAO.food and agriculture organization of the united nations Statistics.at FAO 2017 http://www.fao.org/statistics/en/diakses 31 mei 2017

Hendrik. 2016. Pengaruh pestisida nabati terhadap serangan hama gudang kutu beras (Sitophilus oryzae L) pada berbagai jenis beras. Lampung. 113 Halaman skripsi untuk tidak di publikasikan

Nita,O. 2013. Pemanfaatan Daun Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) dan batang

serai (andropogon nardus l) untuk insektisida alami

pembasmi kutu beras (sitophilus oryzae). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. 15 Halaman

Nurulhuda, A. 2013. Resistensi Relatif Beras Pecah Kulit Dan Beras Sosoh Lima Varietas Padi Asal Banyumas Terhadap Serangan Sitophilus Oryzae. [Skripsi] Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Bogor.

Norsalis. 2011. Padi Gogo Dan Padi Sawah.Universitas Sumatera Utara. Medan.13 halaman

Marbun, C.U. dan Y. Pangestiningsih. 1991. Ketahanan Beberapa Jenis Beras Simpan terhadap Hama Bubuk Beras, Sitophylus orizae (Coleoptera, Curculionidae) di Gudang. Fakultas Pertanian USU. Medan.

Pracaya. 1991. Hama Dan Penyakit Tumbuhan. Penebar Swadaya. Jakarta. 417 halaman.

Puslitbang Tanaman Pangan. 2006. Inovasi teknologi Padi. Badan Penelitian dan pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian.

Purwono dan Heni P. 2007.Budidaya 8 Jenis Pangan unggul. Depok: Penebar

Rahayu, T. 2009. Budidaya Tanaman Padi Dengan Teknologi MIG-6 plus. Jakarta 13 halaman

Rahmawati,N. Uji Efektifitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L)

Sebagai Pestisida Nabati Terhadap Pengendalian Hama

Tanaman Sawi (Vrassica Juncea L). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramsiks. 2010. Pengaruh Penggunaan Berbagai Warna Cahaya dan Jenis Beras

terhadap Daya Preferensi dan Mortalitas (Sitophylus oryzae Linn.)

Departemen Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan. 121 Halaman

Rukmana, R. dan S. Saputra. 1995. Hama Tanaman. Bumi Aksara. Jakarta. 206 halaman.

Tandiabang, J., A. Tenrirawe, dan Surtikanti. 2009. Pengelolaan Hama Pasca Panen Jagung. Balai Penelitian Tanaman Serealia. Jakarta.

Wagianto, 2008. Hama-hama Tanaman dalam Gudang. Jakarta: Bumi Aksara.

Additional Files

Published

2021-01-05

Issue

Section

Vol. 15 No. 1(2020)
Abstract viewed = 811 times