PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Hanna F Mangunsong Universitas PGRI Palembang
  • Ali Syahbana Universitas PGRI Palembang
  • Tika Dwi Nopriyanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i1.464

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa SMP Negeri 52 Palembang. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu Postest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII.10 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent Sampel t test. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dari nilai angket disposisi matematis siswa, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap disposisi matematis siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa SMPN 52 Palembang.

 

Kata kunci : model pembelajaran Novick, kemampuan berpikir kritis matematis, disposisi matematis

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine how the influence of Novick's learning model on the ability to think critically mathematically and the mathematical disposition of students at SMP Negeri 52 Palembang. This research method is an experimental research design that is Postest-Only Control Design. The sample in this study were students of class VII.6 as the control class and students of class VIII.10 as the experimental class. Data collection techniques using tests and questionnaires. The analysis technique used is the Independent Sample t test. Based on the results of the final test data analysis, it was concluded that there was an influence of Novick's learning model on students' mathematical critical thinking abilities. From the students 'mathematical disposition questionnaire value, it was concluded that there was an influence of Novick's learning model on students' mathematical disposition. It can be concluded that there is an influence of Novick's learning model on critical thinking abilities and mathematical disposition of Palembang 52 Junior High School students.

 

Keywords : Novick learning model, mathematical critical thinking ability, mathematical disposition

References

Ardiansyah, Ali, M., & Kendek, Y. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Novick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 SOJOL. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(3), 24-27.

Fitriana, Ika Amalia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Novick untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor di SMPN 1 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan, Semarang, Universitas Islam Negeri Walisongo.

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist. 1( 1), 47-56.

Husnidar, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 71-82.

Lestari, E. (2018). Model Pembelajaran Novick Pada Pemahaman Konsep Matematis. Skripsi tidak diterbitkan. Institut Agama Islam Negeri Langsa. Diambil dari https://digilib.iainlangsa.ac.id/1355/1/EKA%20LESTARI.1032014041.PMA.2018.pdf.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Netherlands: IEA.

Normaya, & Karim. (2015). Kemampuan Berpikir kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 03(1), 92-104.

Nussbaum, Joseph–Novick, S. (1982). Alternative Frameworks, Conceptual Conflict and Accommodation: Toward a Principled Teaching Strategy. Journal Intstructional Science, 11(3), 183-200.

Prayitno, B. A., & Sugiharto, B. (2017). Komparasi Model Pembelajaran Konstruktivis Metakognitif dan Konstruktivis Novick Terhadap Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(1), 25-50.

Ramadhani,Y. (2018). Mendikbud: Hasil UN SMP Alami Penurunan Karena Soal HOTS. Diambil dari https://tirto.id/mendikbud-hasil-un-smp-alami-penurunan-karena-soal-hots-cK3D.

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, 02(01), 45-57.

Thobroni, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-02-02

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 391 times