DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED

Authors

  • Kurnia Adevsa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i1.3887

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan open-ended untuk menciptakan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA pada materi tabung. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, and Dissemination). Lembar Kerja Siswa divalidasi oleh 3 validator, data validasi diambil dengan angket penilaian validasi. Lembar Kerja Siswa diuji coba terbatas kepada 10 orang siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu untuk memperoleh kepraktisan. Data diperoleh dengan angket kepraktisan. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dengan nilai kepraktisan lembar kerja siswa rata rata 4,18 berada pada kategori praktis dan hasil analisis validasi yang  dihasilkan telah valid melalui validator  kemudian dilakukan uji coba terbatas.

Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Lembar Kerja Siswa, Open-Ended.

References

Putri, TRD, & Ariani, NM. (2019). Soal Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Berkonteks Bengkulu. Jurnal Math-UMB. Edu, 6(3), 11–14. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/math/article/view/493

Nuryanis (2015), Model Lembar Kerja Siswa Berbasis Open Ended Problem Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Kelas VI SD. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 2(2), 107-113. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/8616

Purwasi, LA., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18–26. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16825

Rahmawati, Y., & Harta I. (2014). Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan CTL Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitf Dan Afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 113-126. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2669/2222

Ramdani, M., & Apriansyah, D. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa MTS pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.46

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indoniea Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education), 2(1), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729

Risnanosanti. (2011). The Effect Of Mathematics Seft Efficacy Toward Mathematical Creative Thinking Ability Of SMA Students In Bengkulu City. Proceeding Of International Seminarand The Fourth National Conference On Mathematics Education, FPMIPA UNY, Yogyakarta, 21-23 Juli 2011, 847-856. http://eprints.uny.ac.id/2128/

Ristontowi, R., & Riwayati, S. (2020). Pengembangan Soal Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 26-34. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4931

Riwayati, S., Atmajaya, L., & Masri, M. (2020). Rancangan Soal Open Ended Berbasis Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 990–998. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.315

Vatricia, S., Maizora, S., & Fachruddin, M. (2017). Pengembangan Aplikasi Komputer sebagai Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Lingkaran Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 36-40. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/2263

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 81 times