UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAKON

Authors

  • R Deni Vermana STKIP Insan Madani
  • Helma Mustika STKIP Insan Madani Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1305

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan siswa dalam belajar matematika, seperti siswa beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan kurang diminati. Anggapan tersebut muncul karena siswa kurang aktif, tidak serius dalam mengerjakan soal dan rasa ingin tahu yang kurang serta banyak memilih bermain dalam belajar matematika. Disaat pembelajaran berlangsung ditemukan siswa yang tertawa karena sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada peningkatan pemahaman konsep matematika melalui penggunaan Alat Peraga Dakon. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematika dan observasi.  Dari hasil tes yang diperoleh menunjukan bahwa persentase ketuntasan 83,87% dengan target ketuntasan 75%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dakon matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Kata kunci: penggunaan dakon matematika, pemahaman konsep matematika

References

Karso, dkk. (2011). Pendidikan Matematika I. Jakarta : Universitas Terbuka.

Priambodo, A. S. (2014). Keefektifan Model Learning Cycle Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2)

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subadi. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Metode Stad Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, Vol.1No1 hal 11-18

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 224 times