strategi guru pkn dalam membina moral anak di Smp 02 Bengkulu Utara

Authors

  • rahmat kurniawan Universitas muhammadiyah bengkulu
  • Rusnita Hainun Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

ABSTRAK
Strategi guru adalah pendekatan umum mengajar yang berlaku dalam berbagai bidang materi dan
digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang
sistematis dan berurutan. Oleh sebab itu kegiatan pembelajaran perlu dirancanakan dengan baik. Oleh karena
itu, guru mata pelajaran PPKn harus mampu mengembangkan kecerdasan moral pada siswa. Hal ini dikarenakan
dalam mata pelajaran PPKn mengandung pembelajaran tentang nilai-nilai, budi pekerti dan moral. Upaya yang
dilakukan guru dalam pembinaan moral anak di SMP Negri 2 Bengkulu Utara melalui pembinaan dari guru Pkn
di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan teknik
pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data interaktif
yang terdiri dari empat komponen yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana strategi guru PKn dalam membina moral
pada anak di SMPN 2 Bengkulu Utara kelas VIII? 2. Apa hambatan dalam penerapan stategi guru PKn dalam
membina moral anak di SMPN 2 Bengkulu Utara kelas VIII? 3. Bagaimana upaya dalam pembinaan moral
anak di SMPN 2 Bengkulu Utara?
Kata kunci: Strategi guru PKn , Moral anak

Downloads

Published

2023-04-29
Abstract viewed = 17 times