UPAYA MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Rudi Hartono STIA Bengkulu

Abstract

Abstrak

      Penelitian ini adalah dengan jenis atau pendekatan kepustakaan (library research). Sehingga, dalam penelitian ini yang menjadi sumber data utama adalah data sekunder. Selanjutnya, teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian atau kajian ini sendiri adalah dengan menggunakan teknik analisis data induktif, yang merupakan sebuah penarikan kesimpulan dari fakta nyata di lapangan sesuai dengan data sekunder yang diperoleh, kemudian dapat ditarik kesimpulan generalisasi. Upaya meningkatkan pelayanan publik merupakan suatu keharusan bagi setiap lembaga yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, baik institusi pemerintah maupun swasta. Saat ini indicator yang digunakan untuk melihat apakah pelayanan publik suatu institusi atau lembaga itu prima atau tidak, dilihat bagaumana lembaga tersebut memberikan pelayanan yang cepat, akurat, tidak birokratis, dan murah.

      Pelayanan publik atau pelayanan umum dapat didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah baik di pusat, daerah, dan  lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan perundang-undangan.

 

Kata Kunci: Manajemen Mutu, Pelayanan Publik

Downloads

Published

2022-04-12
Abstract viewed = 322 times