Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan Yang Bersumber Dari Konsensus Dasar Bangsa (Pancasila, UUD 1945, NKRI Dan Bhineka Tunggal Ika Dalam Mencegah Berkembangnya Faham Radikalimse Dan Intoleran)

Authors

  • Ditasman Ditasman STIA BENGKULU

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan Yang Bersumber Dari Konsensus Dasar Bangsa (Pancasila, Uud 1945, Nkri Dan Bhineka Tunggal Ika Dalam Mencegah Berkembangnya Faham Radikalimse Dan Intoleran). Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian atau kajian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian atau kajian ini sendiri adalah dengan menggunakan teknik analisis data induktif, yang merupakan sebuah penarikan kesimpulan dari fakta nyata di lapangan sesuai dengan data sekunder yang diperoleh. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, model data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertama, revolusi mental perlu dilakukan untuk menghadapi fenomena dan realita perkembangan bangsa, satu diantaranya adalah melalui pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang disesuaikandengan kebutuhan dan tuntutan di masa kini dan masa depan. Kedua, pola penyebaran paham radikalisme, dilakukan dengan berbagai bentuk mulai dengan cara konvensional (penggalangan massa, kelompok pengajian, kelompok diskusi, dan kelompk hijrah), sampai dengan cara modern melalui kampamnye dan proganda di dunia maya melalui berbagai saluran media sosial seperti facebook, twitter, instagram, line, telegrap, blog, email, dan whatsapp. Ketiga, pemerintah wajib melakukan pencegahan tindak pidana terorisme, dalam upaya pencegahan tindak terorisme pemerintah melakukan langkah antisipasi secara terus menerus yang dilandasi dengan prinsip perlindungan hak asasi manusia dan prinsip kehati-hatian, pencegahan dilaksanakan melalui program kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisme, dan Deradikalisasi.

Kata Kunci: Nilai-nilai Kebangsaan, Radikalisme, Intoleran.

Downloads

Published

2022-04-10
Abstract viewed = 2127 times