PROFIL PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA LULUSAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Authors

  • Syarkati Syarkati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil pendidikan karakter mahasiswa lulusan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 2) karakteristik atau ciri khas pendidikan karakter mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode Penelitian menggunakan analisis secara kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meggunakan 3 cara, yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif, teknik pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Prosedur dalam penelitian ini melakukan hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian seperti menyiapkan format observasi pendidikan karakter, menyusun jadwal kegiatan, dan menyusun instrumen berupa angket untuk mahasiswa dan dosen. Hasil penelitian dapat terlihat bahwa profil pendidikan karakter lulusan Universitas Muhamamdiyah Bengkulu yang berkarakter khas UMB, yaitu cerdas, santun dan religius. Karakteristik pendidikan karakter pada mahasiswa terlihat sudah mencerminkan 19 indikator pendidikan karakter.

 

Kata Kunci: Profil, Pendidikan Karakter, PKn.

References

Asmani, Jamal Makmur. (2013). Buku Panduan Interalisasi Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Earl Babbie. (2002). The Basics of Social Research. Belmont. CA: Wadsworth & Thomson. Hal.172.

Fathurroman, Pupuh, dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Kemdiknas, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2010. Desale Induk Pembangunan karakter Insan Cita Ulama. hlm. 11

Murdaningsih. (1975). Perilaku Remaja. Jakarta: Sinar Baru.

Megawangi, Ratna. (2007). Semua Berawal Pada Karakter. Jakarta: Lembaga Penerbit FE, UL.

Ramli. Mansyur. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ta'lim. (2012). Jurnal Pendidikan Agama Islam.Vol. 10 No. 2.

UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Zubaedi. (2011). Design Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group. Hal. 19.

Downloads

Published

2021-03-04
Abstract viewed = 143 times