AKTUALISASI PANCASILA DAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Muslih Hasibuan Universitas Muhammadiah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi  Pancasila dan kerukunan umat beragama di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian atau kajian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian atau kajian ini sendiri adalah dengan menggunakan teknik analisis data induktif, yang merupakan sebuah penarikan kesimpulan dari fakta nyata di lapangan sesuai dengan data sekunder yang diperoleh. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, model data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertama Pembangunan Nasional seyogyanya dirancang dengan berpegang  teguh/konsisten terhadap Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara. Kedua, kita sudah harus mulai menanamkan dan mengaktualisasikan tentang “menghargai†dan “menghormati†terhadap kebhinnekaan, Istilah “menghargai†dan “menghormati†pada dasarnya bukanlah istilah yang jarang dipakai. Ketiga, Nasionalisme/Kerukunan Nasional/Integrasi Nasional/Aktualisasi Pancasila haruslah menjadi identitas bangsa dengan menjauhkan/mengkikis habis penyakit mental bangsa akibat penjajahan Kolonial yaitu suka mengadu domba, mudah di adu domba, Westernisasi dan Inkonsistensi.  

 

Kata Kunci: Pancasila, aktualisasi Pancasila, kerukunan umat beragama

References

Agussalim, Dafri. (2018). Nasionalisme Suatu Tantangan Reformasi. Internship Ketahanan Nasional. UGM.

Amal,Ikhlasul dan Armaidy Armawi. (1998). Regionalisme, Nasionalisme, dan Ketahanan Nasional. Gadjah mada University Press.

Betts, R. (2014). Conflict After The Cold War : Argument on Causes of War and Peace. New York. Mac Millan Company.

Dirjen Dikti. (2010). Kapita Selekta Pendidikan Pancasila. Jakarta.

Hippel, K. (1994). “The Resurgence of Nationalism and Its International Implicationsâ€. The Washington Quarterly. Vol. 17. No. 4.

Muzayin. 1992. Ideologi Pancasila (Bimbingan ke Arah Penghayatan dan Pengamalan bagi

Remaja). Jakarta: Golden Terayon Press.

Notosusanto, Nugroho. (1982). Nasionalisme dan Mahasiswa di Indonesia. Jakarta : UI.

Tim Nasional Dosen Pkn. Pendidikan Kewarganegaraan. Alfabeta Bandung. 2010.

Undang-undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi.

Downloads

Published

2021-03-04
Abstract viewed = 409 times