PENGARUH PENAMBAHAN BUAH MANGGA TERHADAP KADAR LEMAK, KADAR PROTEIN, DAN pH PADA YOGHURT DRINK MENGGUNAKAN STARTER KOMERSIL

Authors

  • Megi Erlando Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Lezita Malianti Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Suliasih suliasih Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jinak.v3i1.5013

Abstract

Susu merupakan bahan yang mudah sekali rusak  rentan dengan kontaminasi bakteri sehingga membutuhkan penanganan khusus untuk meningkatkan nilai manfaat dan daya simpan yang lebih lama, untuk itu peng. Yoghurt merupakan salah satu produk hasil dari fermentasi susu dengan penambahan kultur bakteri asam laktat yaitu Streptococcus thermophilus, dan Lactobacillus bulgaricus.

Percobaan dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan . Sari buah mangga dibuat dengan penambahan A = 0%, B = 3%, C = 6% dan D  =9%. Parameter yang diamati adalah kadar lemak, kadar protein, dan pH. Hasil penelitian memperlihatkan penambahan sari buah mangga  berpengaruh nyata (p<0.05) terhadap kadar lemak, tingkat kadar protein dan pH. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan sari buah mangga yang digunakan semakin menurunkan kadar lemak, ph dan meningkatkan kadar protein.

 

Kata kunci : Susu, Yoghurt, Mangga, Streptococcus thermophilus, dan Lactobacillus bulgaricus.

Downloads

Published

2023-05-02
Abstract viewed = 350 times