Selfie : Polimediasi Identitas Perempuan Berjilbab di Instagram

Authors

  • Juliana Kurniawati
  • Mukhlizar Program studi Komunikasi Penyiaran Islam

Abstract

Selfie, sebuah kata yang lazim diperbincangkan, dibaca serta dilakoni oleh para pengguna media sosial. Selfie adalah salah satu word of the year yang tercantum pada kamus Oxford terbitan tahun 2013. Tulisan ini mengkaji tentang polimediasi identitas pada foto selfie seksi perempuan berjilbab dalam akun @jilbabfanspage. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui tentang praktek polimediasi identitas dalam foto selfie perempuan berjilbab pada akun @jilbabfanspage. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka akan dilakukan pengamatan pada foto-foto selfie perempuan berjilbab dalam akun @jilbabfanspage kemudian melakukan penelusuran selanjutnya pada akun pribadi perempuan yang mengirim foto pada akun tersebut. Kajian ini menggunakan pendekatan teori polimediasi Michelle Calka dan teori identitas Katryn Woodward untuk melihat beragam identitas yang ditampilkan oleh perempuan berjilbab dalam akun @jilbabfanspage. Selain itu akan dikaji juga kemungkinan adanya kontradiksi antara identitas agama dengan identitas yang dibangun di Instagram. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif ini berfokus pada praktek polimediasi identitas perempuan berjilbab di Instagram. Menggunakan konsep-konsep polimediasi, identitas, modernitas, dan media sosial. Tiga hal yang terjadi pada lima akun pribadi perempuan berjilbab yang menjadi bahan kajian yaitu terjadinya proses pencarian identitas, bermain dengan identitas serta negosiasi dengan identitas diri,

 

Kata kunci: selfie, polimediasi, identitas , perempuan berjilbab

Published

25-06-2022

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 40 times