RANCANG BANGUN APLIKASI BIMBINGAN SKRIPSI MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

Authors

  • Yovi Apridiansyah
  • Gunawan Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v2i2.373

Abstract

Bidang pendidikan khususnya Universitas, pada saat ini membutuhkan dukungan sistem informasi dalam peningkatan mutu pelayanan terhadap proses pendidikan. Proses pendidikan ini sangat banyak jenisnya diantaranya adalah bimbingan tugas akhir. Proses menulis skripsi atau tugas akhir adalah tahap akhir yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana yang pada prosesnya dibimbing oleh dua orang dosen pembimbing. UCD (User Centered Design) adalah sebuah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari sebuah proses pengembangan sistem. Kesulitan pengguna (end user) selama ini untuk membaca dan menerjemahkan dokumen-dokumen yang ada dalam setiap pengembangan dapat terbantu menggunakan metode UCD. maka rumusan masalah bagaimana membuat aplikasi bimbingan skripsi menggunakan model user centered design. Model user centered design Untuk menerapkan model user centered design dan pada aplikasi bimbingan skripsi. penelitian ini dapat membantu pembaca untuk mengetahui metode user centered design berbasis Cloud Computing

Kata Kunci : Aplikasi, UCD, Skripsi, Website

References

Surjono,Herman Dwi. 2009. Elektronika Lanjut. Jember : Cerdas Ulet Kreatif.

Akay, Yuri Vanli, Alb Joko Santoso, and FL Sapty Rahayu. "Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas (Studi Kasus: Kota Manado)." Prosiding SeminarNasional ReTII. 2016.

Kurniawan, Reza. 2014. Teknologi Informasi Berbasis Internet. PT. Elek Media Komputindo. Jakarta.

O'Leary, T. J., & O'Leary, L. (2013). Computing Essentials 2013 Introductory Edition: Making IT Work For You. New York: McGraw-Hill.

Azhari, Ahmad.2011. Cloud Computing : Solusi ICT. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 3, NO. 2, Oktober 2011

Gunawan, G., & Prabowo, D. A. (2017). Sistem Ujian Online Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Pengacakan Soal Menggunakan Linear Congruent Method (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Bengkulu). Jurnal Informatika Upgris, 3(2).

Downloads

Published

2019-08-05
Abstract viewed = 606 times