Pengaruh Lingkungan Kampus dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Keinginan Berwirausaha (Technopreneur) pada Mahasiswa

Authors

  • Fanny Fatma Wati STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Linda Sukmawati STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Doni Purnama Alamsyah Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v2i2.147

Abstract

Salah satu cara untuk mengatasi pengangguran adalah mendorong pertumbuhan kewirausahaan. Untuk mendorong pertumbuhan kewirausahaan, dan tentunya mengurangi pengangguran terbuka pendidikan Diploma,Sarjana dan Pascasarjana, pihak perguruan tinggi bertanggung jawab dalam mendidik dan memberikan kemampuan berwirausaha serta memberikan motivasi kepada lulusannya agar memilih berwirausaha sebagai karirnya dan memiliki  intensi untuk memulai usaha serta memiliki kesiapan dalam hal pengetahuan kewirausahaan. Salah satunya yaitu dengan menambahkan pembelajaran (entrepreneurship) sabagai mata kuliah wajib di setiap programstudi bagi mahasiswa yang bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan bahwa berwirausaha harus memiliki prinsip serta kepercayaan diri yang kuat. Perguruan tinggi berbasis teknologi komputer, pengetahuan tentang enterpreneurship bertujuan untuk menghasilkan lulusan berjiwa wirausaha di bidang informatika yang mampu bersaing secara global, juga mendorong intensi berwirausaha berbasis teknologi (technopreneurship). Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode survei.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan uji di lingkungan kampus, pembelajaran kewirausahaan dan keinginan wirausaha, data menunjukkan valid dan realibel.

References

Amir, N., Sjahriddin, H., & Nurlaely Razak. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Manajement STIEM Bongaya. Organisasi Dan Manajemen, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.13059/racef.v7i1.175

Fahrianta, R. Y., & Yunita Rahmat. (2014). Pengaruh pembelajaran mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa program studi akuntansi untuk berwirausaha, 15(1), 1–10. Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/3590/

Furqon, B. W. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Perpustakaan dan Lingkungan Kampus Terhadap Prestasi Belajar. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi, 7(20), 346–353. Retrieved fromhttp://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ekonomi/article/view/10965/10510

Ikhtiagung, G. N., & Soedihono. (2018). Pengaruh Dukungan Akademik Dan Faktor Sikap Terhadap Keinginan Berwirausaha Bidang Teknologi (Technopreneur) Pada Mahasiswa. Ilmiah Manajemen Dan Bisnisisnis, 19(1), 64–72. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/1618

Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Phenomenon, 4, 109–141. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.122

Suyatno, A., & Muhtarom, M. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga dan pembelajaraan kewirausahaan terhadap intensi technopreneurship mahasiswa manajement ilmu komputer. Informa Politeknik Indonusa, 4, 8. Retrieved from http://www.informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/29

Trihudiyatmanto, M. (2017). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Dan Intensi Berwirausaha Terhadap Spirit Technopreneurship ( Studi Kasus Di Sentra Pengrajin Teralis Di Desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo. Ppkm, II, 154–166. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/418

Downloads

Published

2019-08-05
Abstract viewed = 659 times