UMKM Onde-Onde di Desa Jumantoro Kabupaten Karanganyar: Kreativitas Kuliner yang Meningkatkan Ekonomi

Penulis

  • Laiko Ramadhan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ivan Achmad Nurcholis Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

UMKM, onde-onde, pemasaran digital, pemberdayaan ekonomi, Desa Jumantoro

Abstrak

UMKM memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional, terutama melalui produk-produk kreatif berbasis tradisi lokal. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MAS Universitas Muhammadiyah Bengkulu di di Desa Jumantoro, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan tujuan untuk meningkatkan Ekonomi masyarakat melalui UMKM Onde-onde di Desa Jumantoro. Observasi lapangan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi digunakan untuk memahami tantangan dan peluang yang dihadapi UMKM ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun onde-onde memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar yang lebih luas, tantangan seperti rendahnya literasi digital, keterbatasan akses teknologi, dan minimnya strategi pemasaran masih menjadi kendala. Pelatihan pemasaran digital yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat memberikan dampak positif terhadap pemahaman pelaku usaha mengenai pentingnya promosi melalui media sosial. Dukungan berkelanjutan dari pemerintah, lembaga lokal, dan pemanfaatan teknologi digital diperlukan untuk meningkatkan daya saing UMKM. Dengan strategi yang tepat, UMKM onde-onde di Desa Jumantoro berpotensi menjadi produk unggulan lokal yang mendukung pelestarian budaya sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Referensi

Ajusta, A. A. Gede, and Nurullah Sururi Afif. 2021. “Membangun Bisnis Kuliner Sebagai Pemula.” 6(November):6.

Darmawati, D. Made, Nur Busyra, and Ervin Azhar. 2022. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Usaha Kuliner.” Ta’Awun 2(02):194–203. doi: 10.37850/taawun.v2i02.329.

Hindayani, S., and M. Sagara. 2022. “Analisis Peranan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat.” Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah … 08:24–31.

Lailatul Fitria, Nurul Jannah, and Veronica Sri Astuti Nawangsih. 2023. “Peran Dekranasda Kota Probolinggo Dalam Pengembangan Umkm/Ikm Berbasis Industri Kreatif Lokal.” Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik 5(1):528–44. doi: 10.14710/dialogue.v5i1.17458.

Lantowa, Jafar, Rofik Harun, and Valentina Monoarfa. 2023. “PKM Pelaku UMKM Melalui Pengembangan Usaha Kuliner Berbasis Ekonomi Kreatif Dan Digital Marketing Di Desa Yosonegoro.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 9(1):92–109. doi: 10.30653/jppm.v9i1.636.

Marpaung, Junierissa, Rimayang Anggun Ramli, Yannik Ariyati, and Juwita Boneka Sinaga. 2022. “Sosialisasi Peran Umkm Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Di Warga RW.001 Kecamatan Batu Aji Kelurahan Bukit Tempayan Kota Batam.” 6(1):91–100.

Murdijaningsih, Tjahjani, Minadi Wijaya, Amin Budiastuti, Universitas Wijayakusuma Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, Satria Purwokerto, and Info Artikel. 2023. “Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Umkm Di Era Ekonomi Digital.” 02(02):110–15. doi: 10.56681/wikuacitya.v2i2.121.

Nur Ahmas, Ahmad Almaududi, Tris Sutrisno, and Ina Ratnasari. 2022. “Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(1):124. doi: 10.31764/jpmb.v6i1.7625.

Pratama, Satriya Putra, and Sri Maulida. 2022. “Strategi Pengembangan Industri Kreatif Di Era Digital Pada Subsektor Kuliner Dalam Sinergi Menuju Smart Economy Kota Banjarmasin.” Jurnal Ekonomi-Qu 12(1):69. doi: 10.35448/jequ.v12i1.16298.

Sukriani, Nurul. 2022. “Pengaruh Inovasi Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Usaha Pelaku Umkm Kuliner Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Bisnis Kompetitif 1(2):64–71. doi: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.998.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-04
Abstrak viewed = 0 times