MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMASARAN DIGITAL BAGI ANGGOTA PERTUBUHAN MASYARAKAT INDONESIA (PERMAI) PULAU PINANG MALAYSIA

Meningkatkan Keterampilan Pemasaran Digital untuk Anggota Pertubuhan Masyarakat Indonesia (PERMAI) Pulau Pinang, Malaysia

Penulis

  • Arief Bowo Prayoga Kasmo Universitas Mercu Buana https://orcid.org/0000-0002-7449-386X
  • Heliantono Heliantono Universitas Mercu Buana
  • Diah Fistiani Sukardiman Universitas Mercu Buana
  • Khozaeni bin Rahmad PERMAI Pulau Pinang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i2.6633

Abstrak

Organisasi Masyarakat Indonesia (PERMAI) di Penang, Malaysia, membina beragam UMKM yang dikenal memproduksi makanan, minuman, dan kerajinan tangan berkualitas tinggi. Untuk melanjutkan lintasan pertumbuhan yang mengesankan, UMKM ini harus merangkul kemajuan teknologi informasi, khususnya pemasaran digital. Penyebaran informasi yang cepat melalui media digital membuat para anggota PERMAI harus mengasah kemampuan pemasaran digital mereka agar tetap kompetitif di pasar saat ini.

Saat ini, banyak UMKM PERMAI masih mengandalkan metode pemasaran manual yang sudah ketinggalan zaman dan memiliki keterbatasan dalam penggunaan perangkat digital. Hal ini menjadi hambatan signifikan dalam memperluas jangkauan dan mengoptimalkan strategi mereka. Di dunia yang semakin digital, menguasai pemasaran digital sangat penting bagi pebisnis agar tidak tertinggal dari pesaing mereka dan untuk membuka potensi pertumbuhan penuh.

Program ini berfokus pada tiga tujuan utama:

  1. Pengembangan Keterampilan: Memberdayakan pengusaha UMKM dengan keterampilan pemasaran digital utama, seperti optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran media sosial, pembuatan konten, dan analisis data.
  2. Integrasi Teknologi: Mengalihdayakan UMKM dari sistem pemasaran manual ke digital, memungkinkan mereka untuk secara efektif menggunakan alat dan platform digital.
  3. Keunggulan Kompetitif: Meningkatkan daya saing UMKM di Penang dengan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkan strategi pemasaran digital yang berdampak.

Hasil yang ditargetkan meliputi:

  1. Lokakarya dan Pelatihan: Menyelenggarakan lokakarya yang menarik dan praktis yang disesuaikan dengan kebutuhan UMKM, memastikan peserta mendapatkan pengalaman langsung dalam pemasaran digital.
  2. Pendampingan dan Bimbingan: Memberikan dukungan dan bimbingan berkelanjutan kepada pengusaha UMKM saat mereka mengadopsi dan mengelola platform dan kampanye pemasaran digital.
  3. Publikasi dan Liputan Media: Membagikan kisah sukses, wawasan, dan praktik terbaik dari program melalui jurnal ilmiah, prosiding, dan media.

Dengan menjawab kebutuhan mendesak akan keterampilan pemasaran digital dan menetapkan tujuan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti, program ini bertujuan untuk memberdayakan anggota PERMAI dengan alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk unggul di pasar digital. Melalui lokakarya yang dinamis, dukungan berkelanjutan, dan penyebaran hasil yang luas, inisiatif ini berupaya secara signifikan meningkatkan kemampuan pemasaran digital UMKM di Penang, memastikan pertumbuhan dan keunggulan kompetitif mereka yang berkelanjutan.

Referensi

Abiyyuansyah, F., Kusumawati, A., &Irawan, A. (2019). Analysis of Content Marketing Strategy Implementation in Increasing Customer Engagement (Study on Amstirdam Coffee Malang Content Marketing Strategy). Journal of Business Administration. 73(1): p. 78-87.

Ancillai, C., Terho, H., Cardinali, S., & Pascucci, F. (2019). Advancing social media use in B2B sales: How social media helps salespeople drive customer performance. Industrial Marketing Management, 82, 293-305.https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2019.01.012

Buffer. (2019). The State of Social 2019 Report: New Data and Social Media Marketing Research. Retrieved from https://buffer.com/resources/the-state-of social-2019-report-new-data-and-social-media-marketing-research

Itani, O. S., Agnihotri, R., & Dingus, R. (2020). Social media use in B2B sales and its impact on competitive intelligence collection and adaptive selling. Journal of Business & Industrial Marketing, 35(6), 817-825. https://doi.org/10.1108/JBIM-04-2018-012

Ludwianto, B. (2020). Research: 64% of Indonesia's population already uses the internet.(online). (https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudahpakai-internet-1ssUCDbKILp/full). Accessed on November 29th 2023.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Tajvidi, R., & Karami, A. (2021). The effect of social media on firm performance. Journal of Business Research, 124, 560-575. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.017

Wati, A. P., Martha, J. A., &; Indrawati, A. (2020). Improving marketing skills through Whatsapp Business training for MSMEs. Dedication: Journal of Community Service, 4(2), 137-148.

Zakiyah,E.F., Kasmo, A.B.P., Nugroho,L. (2022). Peran Dan Fungsi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Memitigasi Resesi Ekonomi Global 2023, Jurnal Cakrawala Ilmiah Vol.2, No.4, Desember 2022.

Ziółkowska, M. J. (2021). Digital transformation and marketing activities in small and medium-sized enterprises. Sustainability, 13(5), 2512. https://doi.org/10.3390/su13052512

Diterbitkan

2024-08-22
Abstrak viewed = 65 times