Memperkaya kosakata Bahasa Inggris siswa SD Negeri 22 kota Bengkulu menggunakan Flashcard dalam Program Kolaborasi Mahasiswa Merdeka

Penulis

  • Muhammad Parli Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ria Angraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dian Susyla Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i1.6342

Abstrak

Artikel ini mengulas tentang pelaksanaan kursus Bahasa Inggris melalui B 3nglish Course yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat dari berbagai perguruan tinggi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbahasa Inggris anak-anak sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan yang inovatif dan interaktif. Metode kegiatan mencakup beberapa tahap, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Hasil evaluasi menunjukkan adanya penurunan minat belajar siswa seiring waktu, yang dipengaruhi oleh kurangnya kepercayaan diri. Namun, dengan pemanfaatan media ajar seperti kartu, lagu, dan teknologi digital, serta pendekatan interaktif, tingkat antusiasme dan partisipasi siswa meningkat secara signifikan. Ditemukan bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan tingkat pemahaman yang berbeda, sehingga peran guru pendamping menjadi sangat penting dalam memfasilitasi pembelajaran. Secara keseluruhan, implementasi kursus Bahasa Inggris ini berhasil meningkatkan minat dan motivasi belajar anak-anak serta memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Diharapkan, kegiatan serupa dapat diterapkan secara luas untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris generasi muda di masa mendatang.

Referensi

Akbar, G., & Kartika, M. (2023). Students’ English Vocabulary Mastery Using Interactive Power Point. EXCELLENCE: Journal of English and English Education, 3(1), 13–17. https://doi.org/10.47662/ejeee.v3i1.579

Apriandari, T. (2019). Improving Students’ English Vocabulary through the use of Riddles Technique for the second years students at MTs Darul Ihsan Aceh Besar. 18–19.

Gustina, H. (2020). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 68 KOTA BENGKULU. (Doctoral Dissertation, IAIN BENGKULU)., 34(8), 709.e1-709.e9.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Kusmaryati, S. E. (2020). Teachers’ Perspectives of Teaching English to Young Learners. ELT Worldwide, 7(2), 93–103.

Mulyadi, A. (2021). Teaching English to young learners. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 83–96. https://doi.org/10.4324/9781003106609-7

Nasution, et. a. (2021). PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK-ANAK SETINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA WISATA PAGARAN GALA-GALA, MANDAILING NATAL-SUMUT, DALAM MENGAHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) MELALUI METODE DRILLING DAN REPETITION. 7(3), 6.

Nugroho, G., Yulyanti, S., & Kurniawan, W. F. (2022). Literasi Penerapan Konsep Atm (Amati, Tiru, Dan Modifikasi) Untuk Meningkatkan Kreatifitas Pada Siswa Sma Seri Rama Pekanbaru. Journal Islamic Manajemen Applied, 1(2), 6–9.

Putra, W. W. (2018). The Effect of Using Picture Media Towards Students’ Vocabulary Mastery at The Eighth Grade Students of Islamic Junior High School Students of Mathla’ul Anwar Dahu Bojong in Academic Year 2018/2019. Journal of English Education Studies, 3(2), 77–86. https://doi.org/10.30653/005.202032.62

Putri Dilago, S., Vfliando, N., & Kukus, F. (2022). Linguistics, and Literature published by English Education Study Program, Faculty of Languages and Arts. JoTELL Journal of Teaching English, 1(5), 639–652.

Rahayu, R. P. (2020). THE EFFEC OF USING POWERPOINT MEDIA ON STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT IN SEVENTH GRADES OF SMPN 3 WARU SIDOARJO. In Submitted in partial fulfillment of the requirements for completing the Bachelor Degree in the Department of English Education.

Salisah, I. R., Suryadi, S., & Pahamzah, J. (2023). The Use Of English Children’s Song Media in Improving Students Pronounciation. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 305–312. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.804

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606

Suwandesi, N. M. A., Ratminingsih, N. M., & Dewi, K. S. (2022). Implementing English Kids’ Song Media to Improve Students’ Vocabulary Achievement. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 10(2), 180–186.

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933

Wulandari, N. L. P. T., Ratminingsih, N. M., & Ramendra, D. P. (2020). Strategies Implemented in Teaching English for Young Learners in Primary School. Journal of Education Research and Evaluation, 4(3), 227. https://doi.org/10.23887/jere.v4i3.26228

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30
Abstrak viewed = 190 times