Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya Melalui Pelatihan Toefl
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i2.5371Abstrak
Peran Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pendidikan di Indonesia dipandang penting dalam kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Walaupun Bahasa Inggris masih berkedudukan sebagai bahasa asing pertama di Indonesia, Bahasa Inggris dijadikan sebagai sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Maka dari itu, diperlukan penguasaan Bahasa Inggris, khususnya penguasaan TOEFL, di dunia pendidikan bagi mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menjawab tes Bahasa Inggris ekuivalensi TOEFL. Jumlah peserta pada kegiatan ini adalah 41 orang yang berasal dari seluruh program studi Strata-1 di lingkungan FKIP Universitas Sriwijaya. Model yang digunakan adalah pendampingan, dimana tim memberikan pelatihan kepada peserta mengenai keterampilan menyimak, struktur, dan membaca. Adapun metode kegiatan yang dilakukan adalah presentasi. Sebelum penyampaian materi, peserta menjawab tes awal (pre-test) dan di akhir peserta menjawab tes akhir (post-test). Peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Berdasarkan wawancara singkat dengan peserta, diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut di tahun berikutnya. Kendala yang terjadi selama berlangsungnya kegiatan tidak menganggu pelaksanaan kegiatan.
Referensi
Ang-zie, K. (2020). 14 Exams in Preparation & Practice Test TOEFL: TOEFL. Genta Group Production.
Deborah. (2013). Longman Preparation Course for the TOFEL Test - IBT 2nd Edition. Longman Press.
Fitria, R., Ervina, E., Kurniati, K., & Astafi, R. (2021). Pendampingan peningkatan kemampuan bahasa inggris siswa panti asuhan Dayang Dermah Bengkalis. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 56-61. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3540
Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura.
Kusuma, A. (2020). Practice Test TOEFL & TOEIC. Genta Smart Publisher.
Lubis, L. R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS Dalam Menyelesaikan Soal-soal TOEFL.
Purnaning, E. R., Ayuningtyas, A. K., Kridaningtyas, I., & Nurul, H. (2014). Upgrade TOEFL Score: Rahasia Melejitkan Skor TOEFL. https://books.google.co.id/books?id=Xk0PBAAAQBAJ&pg=PA2&dq=TES+TOEFL&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwighYjGkqzsAhXCSH0KHXDQB2kQ6AEwBXoECAUQAg#v=one page&q=TES%20TOEFL&f=false
Syahrial, S & Syafryadin, S. (2020). Analysis of the TOEFL Mastery of Postgraduate Program (S2) at Bengkulu University. Proceeding of International Conference on the Teaching English and Literature. 1(1), 165- 176.
Yulita, D., Neno, H., & Pale, E.S. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris untuk perbankan kepada siswa-siswa SMKS Khatolik Kefamenanu. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 167-176. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6906
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.