IMPLEMENTASI MODEL SISTER BISNIS UMKM
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.4088Abstrak
Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM yaitu mengenai aspek finansial di mana terbatasnya dana yang dimiliki untuk memproduksi secara terus menerus, aspek produksi yaitu kemampuan memenuhi pasar dan inovasi merupakan kemampuan melakukan inovasi terhadap produk. Dari tiga aspek tersebut yang menjadi permasalahan utama UMKM adalah produksi, di mana produksi saat ini belum dapat memenuhi kebutuhan pasar. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut, Dinas Koperasi dan UKM (DKUKM) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melalui Dosen yang terlibat sebagai pengusul membentuk suatu model bisnis dengan tema Sister Business UMKM yaitu membentuk UMKM Pelopor dan UMKM Binaan. Setelah terbentuknya UMKM Pelopor maka diberikan pelatihan mengenai pengelolaan manajerial, keuangan, promosi, produksi dan quality control dan pelatihan pengetahuan supply chain management. Selanjutnya dilakukan pendampingan praktik matching business antara UMKM Pelopor dan UMKM Binaan, serta penyiapan sarana pendukung penguatan ekosistem sister business. Melalui sister business UMKM ini dapat menyelesaikan permasalahan yang selama ini menjadi kendala UMKM Pelopor dalam memenuhi kebutuhan pasar.
Referensi
Alhidayatullah, A. (2022). Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 119–128. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i1.1184
Ayu, J. P. (2021). Perencanaan Model Bisnis pada UMKM dalam Mengembangkan Oleh-oleh Khas Bekasi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 75. https://doi.org/10.37535/104001120216
Brillinger, A. S., Els, C., Schäfer, B., & Bender, B. (2020). Business model risk and uncertainty factors: Toward building and maintaining profitable and sustainable business models. Business Horizons, 63(1), 121–130. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2019.09.009
Cao, L., Navare, J., & Jin, Z. (2018). Business model innovation: How the international retailers rebuild their core business logic in a new host country. International Business Review, 27(3), 543–562. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2017.10.005
Cosenz, F., & Bivona, E. (2021). Fostering growth patterns of SMEs through business model innovation. A tailored dynamic business modelling approach. Journal of Business Research, 130(February), 658–669. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.03.003
Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278
Palmié, M., Boehm, J., Lekkas, C. K., Parida, V., Wincent, J., & Gassmann, O. (2021). Circular business model implementation: Design choices, orchestration strategies, and transition pathways for resource-sharing solutions. Journal of Cleaner Production, 280, 124399. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124399
Siebold, N. (2021). Reference points for business model innovation in social purpose organizations: A stakeholder perspective. Journal of Business Research, 125(January), 710–719. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.01.032
Solihah, E., Hubeis, A. V. S., & Maulana, A. (2016). Analisis Model Bisnis Pada Knm Fish Farm Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 9(2), 185–194. https://doi.org/10.15578/jsekp.v9i2.1220
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.