BIMBINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM BIDANG PENELITIAN
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i1.2796Abstrak
Permasalahan masih kurangnya informasi yang diperoleh guru-guru dalam hal menulis karya ilmiah, menemukan sumber-sumber referensi yang perlukan dalam mendukung penelitian mereka dan aturan-aturan dalam pengutipan suatu referensi ilmiah dapat menjadi penghambat kreatifitas guru dalam kegiatan penelitian. Beberapa guru yang telah memiliki hasil penelitian namun belum memahami cara membuat artikel dari hasil penelitian mereka serta dimana dan bagaimana cara mempublikasikanya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang penulisan artikel ilmiah di suatu jurnal kepada para guru. Adapun metode yang dipergunakan selama kegiatan yaitu metode ceramah dan diskusi. Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta mengaku bahwa minat mereka terhadap menulis karya ilmiah sudah meningkat dan telah memilki ide-ide yang akan diteliti dan bersedia meluangkan waktu untuk itu, namun masih memerlukan pendampingan dalam hal penulisan artikel, penggunaan Google Schoolar dan penggunaan aplikasi manajemen referensi seperti Zotero dan Mendeleye
Â
Referensi
Juwita, J., Lazuardi, D. R., & Selviani, D. (2021). Hambatan Guru Olahraga Menulis Karya Tulis Ilmiah Di Lingkungan JSIT Wilayah Bengkulu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 273. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.273-282.2021
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (2016). Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Pembelajar. Jakarta
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (2016). Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru Buku 5 Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Guru Pembelajar (PPGP). Jakarta
Subarkah, I. (2020). Analisis Kebijakan Kenaikan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit dari IV a ke IV b. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 5(2), 89–98.